Dua Ujian dalam SBMPTN: Tertulis dan Keterampilan

Mon, 05/13/2013 (All day)

Jakarta --- Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 memiliki dua jenis ujian, yaitu ujian tertulis dan ujian keterampilan. Ujian tertulis berlaku bagi semua peserta, sedangkan ujian keterampilan hanya berlaku bagi peserta yang memilih program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.

“Bagi peserta yang ikut itu (ujian keterampilan), dikenakan biaya sebesar 150-ribu,” jelas Ketua Panitia Pelaksana SBMPTN 2013, Akhmaloka, saat menggelar jumpa pers di Hotel Atlet Century, (11/5), Jakarta. Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu menambahkan, untuk jalur tertulis, biaya yang dikenakan kepada peserta naik Rp 25.000 dari tahun lalu, yaitu menjadi Rp 175.000 untuk peserta kelompok ujian Saintek maupun Soshum, dan Rp 200.000 untuk kelompok ujian Campuran (Saintek dan Soshum).

Ujian keterampilan SBMPTN terdiri atas lima jenis, yaitu ujian keterampilan olahraga, ujian keterampilan sendratasik (seni drama, tari dan musik), ujian keterampilan seni tari, ujian keterampilan seni musik, dan ujian keterampilan seni rupa atau desain. Biaya Rp 150.000 dikenakan untuk satu jenis ujian keterampilan. Jika peserta memilih lebih dari satu jenis ujian keterampilan, maka biayanya berlaku kelipatannya.

Untuk materi ujian keterampilan bidang ilmu seni terdiri dari tes pengetahuan dan wawasan serta keterampilan bidang ilmu seni. Sedangkan materi ujian keterampilan bidang ilmu olahraga terdiri dari tes kesehatan dan kebugaran jasmani. Ujian keterampilan berlangsung pada 20 dan/atau 21 Juni 2013. Peserta mengikuti ujian keterampilan di PTN terdekat yang memiliki program studi yang dipilih. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id. (DM)