Filosofi Kehidupan Ki Hajar Dewantara Lengkapi Ramadan Diaspora Indonesia di Kairo  ( 15 April 2024, Dilihat 136 kali . )
Filosofi kehidupan tokoh pendidikan nasional, Ki Hajar Dewantara, yakni ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, dan tut wuri handayani menjadi salah satu intisari khotbah yang disampaikan oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo, Abdul Muta'ali. Pesan khotbah yang sarat makna tersebut menjadikan pelaksanaan Salat Idulfitri Diaspora Indonesia di Kairo pada 10 April 2024 itu bertambah khidmat.
 

Tampilan Kebudayaan “Indonesia: Heaven on Earth” Pukau Masyarakat Mesir  ( 08 April 2024, Dilihat 614 kali . )
Indonesia terus gencarkan diplomasi budaya untuk memperkenalkan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki kebudayaan terbesar di dunia. Salah satunya melalui suguhan mahasiswa Indonesia dalam acara seni budaya internasional bertajuk Saharat Ramadaniyah yang digelar pada 1 April 2024 di Opera House Cairo.
 

Implementasi Penganggaran Dana BOS dan Praktik Baik Penanganan PPKSP di Satuan Pendidikan  ( 06 April 2024, Dilihat 270 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memiliki tugas dan fungsi untuk mewujudkan pendidikan berkualitas di satuan pendidikan tanpa kekerasan. Untuk mendukung hal tersebut, Kemendikbudristek telah mengeluarkan Permendikbudristek Nomor 46 tahun 2023 yang mengatur tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan (PPKSP). Peraturan tersebut hadir untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, berkebinekaan, dan aman bagi semua warga satuan pendidikan agar dapat menjalankan proses belajar mengajar dengan maksimal.
 

Leiden University dan IISMA Melangkah Lebih Jauh dalam Kolaborasi Pendidikan  ( 05 April 2024, Dilihat 656 kali . )
Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) berencana untuk menambah jumlah penerima beasiswa (awardee) yang mengikuti pembelajaran di Leiden University, Belanda. Saat ini terdapat 10 awardee, dari 31 pendaftar IISMA 2024, yang akan menjalani proses pembelajaran di perguruan tinggi tertua di Belanda itu. Angka tersebut sudah meningkat signifikan dari kepesertaan awardee IISMA di Leiden University, di mana tahun sebelumnya hanya mengirim empat awardee.
 

Buku “Rihlah di Bumi Pasundan”, Jejak Inspiratif Pengalaman Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka  ( 05 April 2024, Dilihat 969 kali . )
Bagi dunia pelajar ataupun sekadar orang yang ingin tahu bagaimana keseruan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, membaca buku “Rihlah di Bumi Pasundankarya Soni Putra Sakti adalah pilihan yang tepat. Ketika membaca buku karya Soni, pembaca dapat langsung memahami apa yang dialami oleh para mahasiswa dalam mengikuti Modul Nusantara. Gaya bahasa yang ringan dan percakapan sehari-hari membuat buku ini mudah dicerna oleh berbagai kalangan.
 

TIN IPB Kirim Mahasiswa Capstone Project ke Universitas Queensland Australia   ( 05 April 2024, Dilihat 618 kali . )
Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN) Institut Pertanian Bogor (IPB)  mengirimkan mahasiswa ke University of Queensland (UQ), Australia untuk menyelesaikan tugas akhir dalam bentuk Capstone Project. Hal ini merupakan bagian dari implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, di mana mahasiswa bisa menyelesaikan tugas akhirnya dalam berbagai bentuk, salah satunya dengan Capstone Project.
 

Fakultas Teknik QUT dan Teknologi Industri Pertanian IPB Siap Kembangkan Program Master Bersama  ( 05 April 2024, Dilihat 571 kali . )
Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN) Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan penjajakan kerja sama dalam pengembangan program magister bersama (joint degree dan double degree) dengan Fakultas Teknik Queensland University of Technology (FT-QUT). Dalam pertemuan yang difasilitasi oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra, TIN-IPB yang diwakili oleh Professor Farah Fahma, kedua belah pihak berdiskusi secara intensif dengan Dekan FT QUT, Professor Ana Deletic dan tim di kampus QUT pada Jumat (5/4).
 

PPG Prajabatan 2024 Dibuka untuk 23 Bidang Studi Umum dan 27 Bidang Studi Kejuruan  ( 05 April 2024, Dilihat 2584 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali membuka program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan pada 4 April 2024. PPG Prajabatan merupakan salah satu program prioritas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk memenuhi kebutuhan guru pada jenjang sekolah dasar dan menengah.
 

Tinjau Isu Pendidikan Terkini, Kemendikbudristek Bahas Ferienjob, Pramuka, dan Seleksi Guru ASN PPPK  ( 04 April 2024, Dilihat 574 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Komisi X DPR RI dalam Rapat Kerja di Gedung Nusantara, Jakarta (3/4) membahas tiga isu pendidikan yang sedang mencuat, yakni Ferienjob dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), isu Pramuka dalam Kurikulum Merdeka, dan perkembangan seleksi guru Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK).
 

Kemendikbudristek Gelar Uji Publik RPP Wujudkan Tata Kelola Perguruan Tinggi yang Terpadu  ( 04 April 2024, Dilihat 516 kali . )
Biro Hukum Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar kegiatan Uji Publik Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi. Acara ini merupakan bagian dalam penyusunan peraturan perundang-undangan guna meningkatkan pemahaman sekaligus sebagai ruang penyampaian aspirasi masyarakat. Dengan begitu, informasi tentang peraturan pemerintah dimaksud dapat diimplementasikan secara optimal oleh semua pihak yang terlibat.
 

Komisi X DPR RI Dorong RUU tentang Bahasa Daerah Dapat Dituntaskan pada Masa Pemerintahan Berikutnya  ( 04 April 2024, Dilihat 371 kali . )
Komisi X DPR RI menyelenggarakan rapat kerja bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Gedung Nusantara, DPR RI, Jakarta, Rabu (3/4). Agenda raker hari ini membahas Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Bahasa Daerah. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, menyebut, RUU tersebut sebagai komitmen nyata dalam pelindungan dan pengembangan bahasa daerah yang sejalan dengan upaya penyediaan guru bahasa daerah yang kompeten.
 

Beasiswa Nongelar Micro Credential Dorong Transformasi Pendidikan dengan Peningkatan Kompetensi Guru  ( 03 April 2024, Dilihat 880 kali . )
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyelenggarakan webinar SAPA GTK yang saat ini memasuki episode ke-19, pada Kamis (28/3) lalu. Program Sapa GTK merupakan agenda webinar yang ditujukan untuk membahas isu-isu terkini terkait program utama maupun pendukung di lingkungan Ditjen GTK.
 

Buku Bacaan Bermutu Kemendikbudristek Jadi Sahabat Literasi Temani Pemudik ke Lubuklinggau  ( 03 April 2024, Dilihat 347 kali . )
Mudik merupakan acara rutin tahunan masyarakat Indonesia merayakan Idulfitri, bekumpul bersama keluarga di tanah kelahiran. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) menginisiasi program literasi bertajuk Mudik Asyik Baca Buku Tahun 2024. Salah satu sasarannya adalah Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur (2/4).
 

Peringatan Hari Film Nasional ke-74 Tuai Sambutan Positif Masyarakat  ( 03 April 2024, Dilihat 257 kali . )
Peringatan Hari Film Nasional ke-74 yang jatuh pada 30 Maret 2024 baru saja rampung diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Hari Film Nasional ke-74 mengusung tema Beragam Filmnya, Ramai Penontonnya.
 

Mudik Asyik Baca Buku: Program Peningkatan Literasi Sejak Dini  ( 03 April 2024, Dilihat 867 kali . )
Dalam rangka pelaksanaan mudik Lebaran tahun 2024, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan kegiatan Mudik Asyik Baca Buku Tahun 2024.
 

Memantik Budaya Literasi Pada Arus Mudik 2024 di Terminal Kalideres  ( 03 April 2024, Dilihat 842 kali . )
Suasana mudik lebaran tahun 2024 terasa berbeda. Guna memantik budaya literasi masyarakat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (Badan Bahasa), menggelar Mudik Asyik Baca Buku di titik 5 lokasi keberangkatan arus mudik di Jakarta. Lokasi tersebut yaitu Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Pulo Gebang. Kegiatan yang berlangsung mulai 2 s.d. 4 April 2024 itu diisi dengan membagi-bagikan buku secara gratis kepada masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman.
 

Kemendikbudristek Bagikan Buku Bacaan Bermutu sebagai Teman Perjalanan Mudik  ( 02 April 2024, Dilihat 889 kali . )
Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sambut momentum mudik lebaran tahun 2024 dengan membagikan hingga 15.000 buku bacaan bermutu pada lima titik stasiun dan terminal bus di Jakarta.
 

Berkelanjutan, Gaung Lindhu Raras Konsisten Kenalkan Gamelan Jawa di Jerman   ( 02 April 2024, Dilihat 823 kali . )
Setiap hari Rabu malam, Rumah Budaya Indonesia (RBI) KBRI Berlin selalu diramaikan oleh grup musik Lindhu Raras. Grup musik instrumen Gamelan Jawa ini senantiasa melakukan latihan pada pukul 19:00 sampai 22:00 waktu setempat. Anggota grup musik ini tidak hanya Warga Negara Indonesia saja, bahkan uniknya mayoritas anggota Lindhu Raras adalah Warga Negara Asing, sebut saja dari Amerika, Jerman, dan Kroasia.
 

Herta Sianturi: 20 tahun Menjadi Guru, Baru Sekarang Merasa Menjadi Guru yang Sebenarnya  ( 02 April 2024, Dilihat 621 kali . )
Sudah dua dekade Herta Sianturi menjadi guru. Ia memulai kariernya sebagai seorang guru bantu honorer pada tahun 2003, lalu menjadi guru kelas setelah 5 tahun mengajar, hingga pada tahun 2020, ia dipercaya sebagai kepala sekolah di SDN 173136 Lumban Baringin, Kabupaten Tapanuli Utara. Namun, baru dalam beberapa tahun terakhir ia merasakan perubahan yang signifikan dalam paradigma, peningkatan kompetensi, hingga caranya memandang murid.
 

Jangan Pandang Sebelah Mata, Anak Down Syndrome Bisa Lakukan Profesi Apapun  ( 02 April 2024, Dilihat 759 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (Dit. PMPK), Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen) mengadakan Peringatan Hari Down Syndrome (HDS) Sedunia tahun 2024. Peringatan HDS Sedunia tahun 2024 mengangkat tema ‘Kita Istimewa’ karena tiap individu memiliki nilai unik dan istimewa, termasuk anak dengan Down Syndrome.
 

Tingkatkan Literasi Sejak Dini, Kemendikbudristek Bidik Titik Kumpul Pemudik  ( 02 April 2024, Dilihat 387 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) menggelar kegiatan Mudik Asyik Baca Buku Tahun 2024. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama dengan berbagai instansi dan mitra kerja, yaitu Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Pusat Perbukuan, IKAPI, PT Gramedia, PT Macanan Jaya, PT Temprina, PT Provisi Mandiri Pratama, Dar! Mizan, Noura Publishing, Yayasan Litara, dan Reading Bugs.
 

Kemendikbudristek Uji Publik RPP Penyelenggaraan PDM, Pendidikan Nonformal, dan Pendidikan Informal  ( 01 April 2024, Dilihat 481 kali . )
Biro Hukum, Sekretariat Jenderal (Setjen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengadakan Uji Publik Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Nonformal, dan Pendidikan Informal, beberapa waktu lalu. Acara ini bertujuan untuk menghimpun masukan dari masyarakat dan para pemangku kepentingan terkait sebagai bagian dari tahan penyunan peraturan perundangan.
 

Tingkatkan Kesempatan Belajar di Luar Negeri, IISMA Gelar Sosialisasi Jalur Co-Funding  ( 01 April 2024, Dilihat 882 kali . )
Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) telah menjadi salah satu program favorit Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sejak diluncurkan pada tahun 2021. Melalui IISMA, mahasiswa mampu memperoleh sejumlah pengalaman, memperkaya wawasan, dan mengenalkan budaya Indonesia ke berbagai penjuru dunia.
 
 

Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI di Depok: Tinjau Penanganan dan Pencegahan Kekerasan di Sekolah  ( 01 April 2024, Dilihat 844 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendampingi Komisi X DPR RI pada Kunjungan Kerja Bidang Pendidikan di Kota Depok, Jawa Barat, Selasa, (26/3). Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR RI ini dalam rangka Optimalisasi Penanganan dan Pencegahan Kekerasan di Satuan Pendidikan yang merupakan implementasi dari Merdeka Belajar ke-25.