Pendidikan Merupakan Kolaborasi Antara di Rumah dan di Sekolah  18 Juli 2016  ← Back

Bogor, Kemdikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan berkunjung ke SD Negeri Polisi 1 Bogor, Jawa Barat, (18/7/2016). Kunjungan ini adalah dalam rangka menyambut Hari Pertama Sekolah untuk tahun pelajaran baru 2016/2017. Di mana hampir seluruh sekolah di Indonesia memulai awal tahun pelajaran di hari ini.
Mendikbud menjelaskan tentang pentingnya untuk mengantarkan anak di hari pertama mereka sekolah. Karena menurutnya pendidikan anak merupakan kolaborasi antara pendidikan orangtua di rumah dengan pendidikan guru di sekolah.

 “Kolaborasi hanya bisa terjadi jika ada komunikasi. Karena itu hari pertama ini menjadi sarana untuk membangun komunikasi antara guru dan orangtua,” kata Mendikbud Anies
Mendikbud Anies juga berterima kasih kepada para orangtua, gubernur, bupati, pimpinan perusahaan, serta lembaga di seluruh Indonesia yang sudah mengimbau dan mengijinkan karyawannya untuk mengantarkan anaknya ke sekolah sebelum bekerja. Selain itu, ia juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh guru di Indonesia yang hari ini sudah bersedia menyambut anak bangsa.
 
“Mereka (guru) tak mengantarkan anak biologisnya, tetapi menyambut anak bangsanya dan kepada mereka, atas nama pemerintah kami mengucapkan terima kasih,” ujarnya.
 Wali Kota Bogor, Bima Arya, yang turut hadir dalam kunjungan tersebut pun mengapresiasi kegiatan mengantar anak di hari pertama sekolah mereka. Menurutnya ini adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh orangtua untuk membangun kedekatan dengan anaknya.
 
“Bukan hal yang mudah lho mengantarkan anak ke sekolah! Bukan hanya soal waktu yang diperjuangkan. Di situ ada komunikasi,” tutur Bima.
 
Mendikbud berharap dari hari pertama ini, nantinya akan tercipta sekolah yang menyenangkan. Di mana peserta didik bisa mendapatkan lingkungan belajar yang kondusif, baik bersama orangtua di rumah dan guru di sekolah.

Sumber :

 


Penulis : Aji Shahwin
Editor :
Dilihat 1212 kali