Hari Musik Nasional, Kemendikbud Siapkan Perekaman Tutorial Lagu Indonesia Raya  09 Maret 2017  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Hari Musik Nasional diperingati setiap tanggal 9 Maret, yang juga merupakan tanggal kelahiran pencipta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf Supratman. Dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional, Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan akan melakukan perekaman tutorial Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Tutorial Lagu Kebangsaan Indonesia Raya menyajikan cara membawakan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dengan baik dan benar sesuai versi asli dalam aturan yang memayunginya.

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, dalam setiap upacara atau kegiatan resmi pemerintah, lagu Indonesia Raya dinyanyikan bersama, dan sudah menjadi kegiatan rutin. “Namun,  banyak yang tidak tahu cara menyanyikan dengan baik lagu kebangsaan itu. Salah satu yang jarang diketahui adalah jumlah stanza di dalamnya,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya pada aslinya memiliki tiga stanza atau tiga baris lirik yang berbeda-beda. Rekaman tutorial akan dilakukan oleh 72 pemain orkestra dan 288 anggota paduan puara yang akan menyajikan lagu Indonesia raya dalam tiga stanza dan  juga 1 stanza, seperti dalam bentuk sekarang. Lagu kebangsaan Indonesia Raya akan disajikan dalam lima versi, yakni Unisono, Orkes Simphony, Orkes Harmony, Orkes Fanfare, serta iringan piano.

Ditjen Kebudayaan juga akan menyelenggarakan DIskusi Grup Terpumpun atay Focus Group Discussion (FGD) untuk menyosialisasikan sejarah dan versi asli lagu yang pertama kali dinyanyikan dalam Kongres Sumpah Pemuda II tersebut. FGD akan digelar di lima kota, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Pemilihan lima kota tersebut juga bukan tanpa alasan. Jakarta dipilih karena menjadi tempat dimainkannya pertama kali lagu kebangsaan Indonesia Raya. Yogyakarta, arsip-arsip lagu Indonesia Raya banyak tersimpan di Museum Kusbini di sana. Makassar menjadi tempat WR. Supratman diberikan biola oleh pamannya. Perekaman lagu Indonesia Raya pertama kali dilakukan di Medan. Kemudian Surabaya adalah kota yang menjadi tempat wafatnya WR. Supratman.

Puncak acara dari Perekaman Lagu Tutorial Indonesia Raya adalah Peluncuran Utama atau Grand Launching rekaman pada tanggal 28 Oktober 2017, bertepatan dengan perayaan Sumpah Pemuda ke-89. Pada kesempatan tersebut juga akan diadakan Seminar Nasional  Indonesia Raya.

Kepala Subdirektorat Seni Media Kemendikbud, Edi Irawan mengatakan, rekaman lagu tutorial Indonesia Raya akan disebarkan dalam bentuk cakram kompak atau compact disk (CD) ke sekolah-sekolah dan diunggah di laman kebudayaan.kemdikbud.go.id. Selain tutorial lagu, DitjenKebudayaan juga akan menerbitkan buku tentang sejarah lagu Indonesia Raya. (Desliana Maulipaksi/ Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id )
Sumber : kebudayaan.kemdikbud.go.id

 


Penulis : Desliana Maulipaksi
Editor : Anandes Langguana
Dilihat 4650 kali