Mendikbud: Manusia adalah Investasi Terbaik  12 Januari 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, investasi yang paling baik bukan sumber daya alam, melainkan investasi manusia, dengan meningkatkan mutu dan kualitas manusianya.

"Memang untuk mengubah kualitas manusia dan pendidikan tidak berefek dengan cepat seperti speed boat, namun seperti kapal tanker, baru dapat dilihat dalam satu dekade," ujarnya saat menjadi pembicara dalam Seminar Menyongsong Masyarakat Ekonomi (MEA) 2015, di Medan, (10/01/2015).

Dalam seminar tersebut Mendikbud menyampaikan materi berjudul Revolusi Mental Bidang Pendidikan Menyongsong MEA. Dalam menghadapi MEA, ujarnya, mutu pendidikan harus ditingkatkan agar mampu bersaing.

Mendikbud mengatakan, dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan siswa, peningkatan mutu guru juga harus diutamakan. Perubahan kurikulum, ujarnya, harus diiringi juga dengan peningkatan kualitas guru.

Ia juga menegaskan, guru tidak hanya berperan sebagai pengajar dan pendidik, tetapi juga harus bisa menjadi sumber inspirasi siswa.

Selain itu, Mendikbud juga mengingatkan bahwa orang tua juga memegang peranan penting dalam pendidikan seorang anak sehingga bisa menghasilkan generasi berkualitas.

"Dari orang tua dan guru, karakter atau akhlak murid terbentuk. Karakter dan akhlak menentukan bagaimana nantinya anak-anak ke depannya," ujar Mendikbud.

Seminar Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 diselenggarakan Harian Waspada sebagai rangkaian HUT Harian Waspada ke-68. Selain Mendikbud, hadir juga mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad sebagai keynote speaker dengan materi berjudul Kesiapan Umat Islam Menyongsong MEA. (Desliana Maulipaksi)


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 867 kali