IOAA 2015 Resmi Ditutup  03 Agustus 2015  ← Back

Yogyakarta, Kemendikbud --- Olimpiade Internasional Astronomi dan Astrofisika atau International Olympiad on Astronomy and Astrophyiscs (IOAA) 2015 resmi ditutup. Penutupan berlangsung Senin (3/8/2015) di Teater Sendratari Ramayana, Komplek Candi Prambanan, Yogyakarta,  ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
 
Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Harris Iskandar, mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengucap syukur atas selesainya helat IOAA 2015. Sebagai local organizing comittee (loc), Harris menyampaikan, secara umum seluruh babak kompetisi berjalan dengan baik dan lancar. Satu babak yakni babak observasi menggunakan teleskop utama urung terlaksana karena kondisi cuaca. Harris juga memberikan apresiasi kepada juri atas kerja keras mereka melakukan penilaian selama IOAA 2015.
 
Harris Iskandar menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat dan pemerintah provinsi Jawa Tengah atas kesediaannya menjadi tuan rumah, serta berbagai pihak atas kerja sama dan dukungan mereka untuk IOAA 2015.
 
"Selamat kepada para pemenang. Sukses selalu menyertai kalian semua," tutur Harris Iskandar kepada para juara lomba IOAA 2015.  Harris juga berharap seluruh delegasi kembali ke negara masing-masing dengan membawa kenangan indah tentang Indonesia selama mengikuti IOAA ke-9 tahun 2015.
 
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan menjadi tuan rumah IOAA 2015. Dia juga mengapresiasi partisipasi setiap negara peserta dalam rangkaian acara sehingga dapat berjalan dengan lancar.
 
Presiden IOAA 2015, Chatief Kunjaya, menekankan pentingnya inovasi dalam penyelenggaraan IOAA. Pihaknya sudah menggagas penggunaan teknologi informasi dalam kompetesi IOAA. Putera Indonesia yang terpilih menjadi presiden IOAA pada 2011 ini sudah mengenalkan sistem online dalam kompetisi IOAA. 
 
Berakhirnya penyelenggaraan IOAA 2015 juga ditandai dengan penyerahan bendera pataka kepada perwakilan India sebagai tuan rumah IOAA 2016. (Emi Salpiati)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 473 kali