Hari Pertama Kerja Tahun 2016  04 Januari 2016  ← Back

Kepada yth
Bapak, Ibu dan Saudara2 
Seluruh Jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Assalamualaikun wr wb

Saya menulis email ini di telepon genggam dalam perjalanan menuju kantor. Hari ini adalah Senin pertama mengawali tahun 2016. Melalui pesan singkat ini, ijinkan saya mengucapkan selamat memulai babak baru di hitungan tahun 2016. Tahun 2015 telah kita lewati dengan deretan capaian. Alhamdulillah.

Tantangan akan selalu ada, bisa besar dan bisa juga kecil; tetapi perasaan dan sikap mental kita sendiri yang akan membuat tantangan itu terasa jadi terasa berat atau terasa ringan. Mari kita pilih untuk melihat setiap tantangan sebagai kesempatan untuk membuat kemajuan.

Di penghujung tahun 2015 yang lalu, kita semua menuliskan catatan kinerja. Kita sebut itu sebagai laporan, mengakhiri sebuah periode kegiatan. Mari kita pandang laporan itu lebih dari sekadar catatan masa kini. Mari kita pandang laporan itu sebagai dokumen tentang kinerja kita untuk dibaca generasi masa depan, untuk dibaca anak-anak kita dan anak-anak dari anak-anak kita. 

Hari ini kita sedang memulai sebuah lembaran baru, tahun baru. Kini saatnya kita mulai kegiatan di tahun 2016 ini dengan kesadaran bahwa kelak semua kegiatan kita ini akan dituliskan sebagai laporan yang jadi bahan bacaan generasi masa depan. 

Mari kita pilih orientasi kegiatan baru. Bukan sekadar meneruskan kebiasan kegiatan dan program, tapi mari kita membuat sejarah baru di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, sejarah baru di setiap unit dan satker.

Dengan begitu, kelak di akhir tahun 2016 nanti, laporan yang ditulis bukan cuma menyebut tentang hal-hal yang sudah dikerjakan tapi laporan itu akan menorehkan catatan sejarah baru. Yang akan tertulis disana adalah hal-hal baru yang di tahun 2016 ini berhasil dicapai, diraih dan dihasilkan. Ijinkan kelak, laporan 2016 bukan cuma daftar kegiatan tapi daftar capaian. 

Kita semua beruntung karena mendapatkan amanah di bidang Pendidikan dan Kebudayaan, inilah bidang yang sangat penting dalam membentuk potret manusia Indonesia masa kini dan masa depan. Posisi, jabatan, dan peran tiap kita bisa berbeda-beda tapi mari kita pastikan bahwa setiap kita selalu hadir bawa makna, selalu hadir jalankan tugas secara total dan saat pulang ke rumah tiap kita bisa berkata pada keluarga di rumah bahwa, "saya tidak tinggal diam, saya aktif dan serius ikut mengikhtiarkan manusia Indonesia jadi lebih baik."

Ijinkan saya mengutip sebuah kalimat untuk jadi bahan cernaan kita: "Every work is self portrait of those who did it, autograph your work with excellence.  Setiap karya adalah potret diri pembuatnya, mari kita tandai karya kita dengan kecemerlangan."

Selamat meneruskan karya, selamat membuat terobosan, dan selamat menghadirkan kebaruan di tahun yang baru, di tahun 2016.

Teriring salam hangat untuk Ibu, Bapak dan saudara-saudara semua, seluruh jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dimanapun Anda mengabdi dan menorehkan catatan kecemerlangan itu. 

Wassalamu'alaikum wr wb, 

Anies Baswedan
Jakarta 4 Januari 2016.
 

Sumber : Mendikbud

 


Penulis : kontributor
Editor :
Dilihat 94604 kali