Hasil Seleksi Peserta Pegiat Budaya Tahun 2016  28 Juni 2016  ← Back








Seleksi Pegiat Budaya ke Selandia Baru Beasiswa LPDP Tahun 2016

Jakarta – Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kualitas tenaga budaya guna menyerap ilmu dan berbagi pengalaman dari berbagai negara di bidang kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama dengan Kementerian Keuangan melalui Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) mengadakan misi pengiriman Pegiat Budaya tahun 2016. Kegiatan ini merupakan usaha peningkatan kapasitas SDM Kebudayaan.  Para Pegiat Budaya diharapkan dapat menjadi agen pembaharu pada aras penciptaan karya artistik maupun penggerak seni-budaya serta sumber inspirasi.

Adapun negara yang melakukan kerjasama pengiriman tenaga Pegiat Budaya tahun 2016 antara lain: Selandia Baru, Australia, Korea Selatan, Jerman, Jepang, Norwegia, dan Finlandia. Selandia Baru menjadi negara pertama yang akan dikunjungi oleh peserta. Direktorat Jenderal Kebudayaan bersama dengan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melakukan pendaftaran dan seleksi peserta. Proses seleksi dilaksanakan secara terbuka melalui website, sosial media serta jaringan mitra budaya.

Proses pendaftaran berlangsung pada tanggal 20-25 Juni 2016, penjurian pada 26-28 Juni 2016, dan pengumuman dilaksanakan pada 28 Juni 2016. Peserta yang lolos seleksi akan dipanggil untuk melakukan persiapan pada 18 – 20 Agustus 2016. Peserta akan diberangkatkan ke Selandi Baru pada 21Agustus -11 September 2016. Sepulang dari Negara tujuan, peserta wajib mempresentasikan hasil pengalaman serta rencana implementasi ke depan.

Seleksi peserta dilihat berdasarkan rekam jejak, reputasi kekaryaan dan kemampuan membangun jejaring seni dalam kerangka memperkuat ekosistem dan kehidupan kreatif secara umum. Meskipun waktu pendaftaran relatif singkat, namun antusiasme para pendaftar sangat besar. Hal itu terbukti  dari jumlah pendaftar yang mencapai lebih dari 1100 orang peserta baik melalui e-mail maupun pos.

Setelah melalui beberapa tahap seleksi, terpilih 60 peserta yang terdiri dari  7 (tujuh) kategori yakni: Seni Tari, Musik, Film, Teater, Seni Visual, Galeri dan Museum dan Sejarawan termasuk didalamnya pengelola arsip dan peneliti sejarah. Pada keberangkatan kali ini, peserta sejumlah 56 orang akan diisi dari berbagai profesi atau keahlian seperti koreografer, komposer, sutradara, peneliti sejarah, kurator, serta berbagai profesi kebudayaan lainnya.

Terlampir :

 PENGUMUMAN
 HASIL SELEKSI

 


 
Sumber : http://kebudayaan.kemdikbud.go.id

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 6628 kali