Lukisan Koleksi Istana Presiden Dipamerkan untuk Umum di Galeri Nasional  25 Juli 2016  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Untuk pertama kalinya, Istana Kepresidenan Republik Indonesia akan menampilkan karya-karya seni yang menjadi koleksi Istana Kepresidenan RI. Karya-karya seni tersebut akan ditampilkan dalam sebuah pameran di Galeri Nasional Indonesia. Sebanyak 28 lukisan terpilih dari total 3.000 lukisan Istana Kepresidenan RI akan dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia pada 2 – 30 Agustus 2016.
 
Pameran Koleksi Seni Rupa Istana Kepresidenan RI di Galeri Nasional Indonesia tersebut bertajuk “17/71: Goresan Juang Kemerdekaan”. Pameran ini merupakan bagian dari perayaan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia. Selain memamerkan 28 lukisan, akan ditampilkan pula 100 foto-foto kepresidenan dan sembilan buku tentang koleksi lukisan Istana Kepresidenan.
 
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, Pameran Koleksi Seni Rupa Istana Kepresidenan RI ini adalah sebuah pameran bersejarah, karena baru diselenggarakan pertama kali, di mana koleksi karya seni Istana Kepresidenan RI dibuka untuk masyarakat umum dan bisa disaksikan dari dekat secara gratis.
 
“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga merasa terhormat karena Galeri Nasional akan digunakan sebagai tempat pelaksanaan ini, dan kami dilibatkan sejak awal,” katanya saat jumpa pers di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (25/7/2016).
 
Pameran Koleksi Seni Rupa Istana Kepresidenan RI diselenggarakan oleh Kementerian Sekretariat Negara, bekerja sama dengan Kemendikbud, Badan Ekonomi Kreatif dan Mandiri Art. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, 28 lukisan yang akan dipamerkan merupakan hasil karya dari 21 pelukis, yang karyanya menjadi koleksi di Istana Negara, Istana Merdeka, Istana Bogor, Istana Cipanas, dan Istana Yogyakarta.
 
“Kami ingin memamerkan koleksi istana kita untuk dinikmati masyarakat. Ini pertama kalinya lukisan-lukisan di istana dibawa keluar dari istana dan dipamerkan,” kata Mensesneg Pratikno.
 
Ia menambahkan, diharapkan pameran koleksi seni Istana Kepresidenan ini akan bisa dijadikan inspirasi bangsa, sekaligus sebagai media edukasi dan mengingatkan generasi muda tentang sejarah bangsa. Hal senada juga diungkapkan Mendikbud Anies Baswedan.
 
“Kita berharap ini bisa mengingatkan ulang bahwa bangsa kita adalah bangsa kreatif. Bagi sekolah-sekolah dan guru-guru, ini kesempatan mengingatkan kembali bahwa prestasi bukan hanya akademik yang diujikan secara standar, tetapi juga bidang kreatif, terutama seni yang ruang ekspresinya sangat luas,” tutur Mendikbud.
 
Galeri Nasional Indonesia juga akan menyelenggarakan kegiatan pendukung selama pelaksanaan Pameran Koleksi Seni Rupa Istana Kepresidenan RI. Kegiatan pendukung tersebut antara lain seminar sehari pada 22 Agustus 2016, yang meliputi diskusi tentang seni, sejarah, dan istana. Kemudian pada tanggal 28 Agustus 2016 akan diselenggarakan lomba melukis untuk siswa SD. Lalu akan ada juga Gallery Tour yang berlangsung seminggu sekali, yaitu pada tanggal tanggal 7, 14, 21, dan 28 Agustus, dengan format berupa diskusi dan berkeliling ruang pameran bersama para kurator. 

Sumber :

 


Penulis : Desliana Maulipaksi
Editor :
Dilihat 763 kali