Mendikbud Resmikan Gerakan Literasi dan Sekolah Satu Atap di Lanny Jaya  09 Oktober 2016  ← Back

Mendikbud Apresiasi Semangat Pemerintah Daerah dan Masyarakat Lanny Jaya

Lanny Jaya - Papua, Kemdikbud – Mengakhiri kunjungan kerjanya di Propinsi Papua, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meresmikan Gerakan Indonesia Membaca (GIM) sekaligus memberikan bantuan dana penuntasan keaksaraan sebesar Rp3,183 Milyar di Kabupaten Lanny Jaya. Tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dijemput oleh Bupati Beva Jigibalom dan Sekretaris Daerah Christian Sohilait menggunakan pesawat Cesna Caravan milik maskapai penerbangan Alda Air, Sabtu (8/10/2016).

Menepis anggapan yang selama ini didengarnya, Mendikbud apresiasi semangat masyarakat dalam memajukan pendidikan. “Saya melihat semua orang di tempat yang saya kunjungi di Papua, khususnya di Lanny Jaya sangat bersemangat untuk maju,” ungkap Mendikbud kepada masyarakat yang hadir pada acara peresmian gerakan literasi tersebut.

Dengan luas total wilayah sebesar 6.448 kilometer persegi, atau setara dengan 2,03% dari luas wilayah Propinsi Papua, Lanny Jaya merupakan salah satu kabupaten yang mendedikasikan 40% Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murninya untuk sektor pendidikan. Anggaran fungsi pendidikan itu tidak termasuk tambahan dana bantuan, baik Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat.

Pada tahun 2016, Kabupaten Lanny Jaya tercatat memiliki 10 Distrik yang meliputi Balingga, Dimba, Gamelia, Kuyawage, Maki, Melagineri, Pirime, Poga, Tiom, dan Tiomneri. Adapun gerakan literasi yang dicanangkan Mendikbud di Lanny Jaya ini akan dilaksanakan secara massal, dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Pemerintah daerah (Pemda) berencana memberikan bonus khusus kepada setiap guru Sekolah Dasar (SD) yang berhasil menuntaskan baca tulis hitung (calistung) 100% di kelasnya. Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Erman Syamsudin menyampaikan, “Gerakan literasi telah berjalan secara nasional dan hasilnya sudah mulai dirasakan. Anak-anak putus sekolah semakin berkurang, minat baca semakin baik. Angka putus sekolah menurun, minat baca juga semakin meningkat.”

Sekolah Satu Atap Berasrama Untuk Pendidikan di Daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal)

Bupati Beva menyampaikan rencana pembangunan sepuluh sekolah satu atap berasrama untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk membantu para siswa belajar dengan lebih baik dan fokus. Hal tersebut disambut baik oleh Mendikbud sembari berjanji akan memberikan bantuan untuk pendirian sekolah satu atap berasrama di wilayah Lanny Jaya.

Guru besar pendidikan masyarakat itu berharap kunjungannya ke Lanny Jaya bukanlah yang terakhir. Ia juga menitipkan pesan kepada Pemda, guru, dan masyarakat agar bergerak bersama-sama, bersinergi memajukan mutu dan kualitas pendidikan untuk Papua yang lebih baik saat Indonesia berusia seratus tahun.

“Saya yakin jika anak-anak di Lanny Jaya ini terus diasah kemampuannya, mereka akan menjadi generasi hebat dan membangun Lanny Jaya jauh lebih maju,” pungkas Mendikbud.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Beva juga menjelaskan bahwa Lanny Jaya memiliki komitmen penuh untuk pendidikan, salah satunya dengan mengontrak 370 orang guru yang berasal dari program Sarjana Mendidik di daerah terdepan, terluar, tertinggal (SM-3T) dan Guru Garis Depan (GGD) untuk membantu pendidikan di wilayah mereka.

“Guru adalah garda terdepan kami di kabupaten Lanny Jaya. Kami harapkan setelah lima tahun bekerja kiranya bapak menteri dapa memprioritaskan guru kontrak ini menjadi PNS,” ungkap Beva kepada Mendikbud.

Di penghujung pertemuan, Bupati Beva menyerahkan daftar nama guru-guru kontrak dan program pendidikan Kabupaten Lanny Jaya kepada Mendikbud. Nampak mendampingi Mendikbud, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Charles Simare mare, Sekretaris Jenderal (Sesjen) Didik Suhardi, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Sumarna Surapranata, Staf Ahli bidang Hubungan Pusat dan Daerah James Modouw, Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Erman Syamsudin.

Seusai kunjungan ke Lanny Jaya, Mendikbud melanjutkan perjalanan ke Manado untuk menghadiri Malam Puncak Anugerah Apresiasi Film Indonesia tahun 2016.
***








Lanny Jaya, 8 Oktober 2016,
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2132 kali