Kunjungi Museum Keris Nusantara, Mendikbud: Saatnya Kita Tularkan Sejarah Peradaban  09 Agustus 2017  ← Back



Solo, Kemendikbud
--- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengunjungi Museum Keris Nusantara, Solo (9/8/2017). Dengan didampingi oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan jajarannya, Menteri Muhadjir berkeliling melihat koleksi museum yang berasal dari berbagai daerah di nusantara.

Menurutnya, dengan dibukanya museum yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo ini menandakan bahwa Indonesia yang kaya akan sejarah dan nilai-nilai budaya ini harus mulai mewariskannya ke generasi penerus.

"Ini saatnya kita menularkan sejarah peradaban dan nilai-nilai yang ada di nusantara ini pada generasi selanjutnya," tutur Mendikbud di tengah-tengah kunjungannya.

Selain itu, mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini menjelaskan, bahwa dengan adanya museum ini tidak hanya menambah khasanah budaya Jawa, melainkan juga nusantara terkait senjata para nenek moyang bangsa Indonesia.

Di akhir kunjungannya, ia memberikan apresiasi sekaligus memberi saran terhadap Museum Nusantara beserta koleksinya. Menurutnya, perlu ditambahkan deskripsi dari setiap koleksi agar semakin melengkapi.

"Karena setiap keris memiliki sejarah, mudah-mudahan nanti ada beberapa keris dinarasikan kisah perjalanan keris," katanya.
"Sehingga makna cerita keris bisa diteladani, karena tertanam kebanggan oleh anak-anak yang punya kekayaan budaya," lanjutnya.
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 3326 kali