Peserta Terpilih IISMA 2024 Capai 2.000 Lebih Mahasiswa  ( 28 Maret 2024, Dilihat 43 kali . )
Setelah melalui serangkaian proses seleksi, program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) akhirnya mengumumkan nama-nama penerima beasiswa IISMA 2024 untuk jalur reguler dan afirmasi. Total ada 2.277 mahasiswa Indonesia yang berhasil lolos program pertukaran mahasiswa ke luar negeri ini.
 

Keunikan Instalasi Otomat Gamelan Jadi Daya Tarik di Rumah Budaya Indonesia-Berlin  ( 27 Maret 2024, Dilihat 190 kali . )
Di kalangan masyarakat Indonesia, alat musik gamelan yang berbunyi dengan sendirinya kerap dikaitkan dengan kondisi mistis dan supranatural. Tetapi, kali ini gamelan yang bermain dengan sendirinya jauh dari kata mistis. Bilawa Ade Respati dan tim mengembangkan sebuah mesin otomatis yang dapat memainkan gamelan dengan sendirinya.
Instalasi otomat gamelan yang dikembangkan oleh Bilawa Ade Respati ini dipamerkan di Rumah Budaya Indonesia KBRI Berlin dalam tajuk Distant Memories of the Void. Pameran dibuka pada Jum’at, 22 Maret 2024 hingga Rabu, 26 Maret 2024.
 

Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka Menegaskan Pentingnya Implementasi Nasional  ( 27 Maret 2024, Dilihat 69 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) secara resmi merilis Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Rabu (27/3).
 

Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi Tahun 2024 Telah Diumumkan  ( 27 Maret 2024, Dilihat 97 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbduristek) menginformasikan bahwa masyarakat dapat mengetahui hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) Tahun 2024 mulai hari ini, Selasa, 26 Maret 2024, pukul 15.00 WIB. Pengumuman dapat dilihat melalui laman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, dengan cara memasukkan Nomor Pendaftaran SNBP 2024 dan Tanggal Lahir Peserta sesuai dengan data diri yang telah teregistrasi pada sistem SNPMB.
 

Kemendikbudristek Luncurkan API Sarpras PTV sebagai Bantuan Mewujudkan Kampus Ramah Lingkungan  ( 27 Maret 2024, Dilihat 55 kali . )
Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) terus berinovasi dalam menjawab tantangan zaman sehingga tujuan pembangunan nasional dapat tercapai. Hal ini diwujudkan melalui peluncuran Program Penguatan Peran Pendidikan Tinggi Vokasi dalam Upaya Antisipasi Perubahan Iklim Melalui Pengadaan dan Pengembangan Sarana dan Prasarana (API Sarpras PTV).
 

Kemendikbudristek Semarakkan Peringatan Hari Film Nasional Tahun 2024  ( 27 Maret 2024, Dilihat 246 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media menggelar serangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Film Nasional (HFN) Tahun 2024 yang jatuh pada 30 Maret 2024. Mengangkat slogan bertajuk Beragam Filmnya, Ramai Penontonnya, diharapkan Hari Film Nasional tahun ini dapat menjadi momentum perayaan perfilman dan bentuk apresiasi atas keberagaman jenis film Indonesia.
 

Indonesia Dorong Penguatan Kolaborasi Global di Sidang Dewan Eksekutif UNESCO ke-219  ( 26 Maret 2024, Dilihat 31 kali . )
Delegasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menghadiri sidang perdana Dewan Eksekutif UNESCO ke-219 pada tanggal 18-27 Maret 2024 di Kantor Pusat UNESCO di Paris, Prancis. Hal ini sebagai kelanjutan atas terpilihnya Indonesia sebagai Anggota Dewan Eksekutif UNESCO periode 2023-2027 yang ditetapkan pada Sidang Umum UNESCO ke-42.
 

80.000 ASN Kemendikbudristek Perkuat Literasi Digital Melalui Program LDSP Kemenkominfo  ( 26 Maret 2024, Dilihat 87 kali . )
Program Pelatihan Literasi Digital Sektor Pemerintahan (LDSP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali diselenggarakan pada tahun ini dengan menggandeng Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Pelatihan yang berbentuk webinar ini berlangsung secara hibrida mulai 25 s.d. 28 Maret 2024, serta diikuti lebih dari 80.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemendikbudristek yang terdiri dari PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).
 

Kemendikbudristek Lanjutkan Kerja Sama dengan Al-Azhar University Kairo   ( 26 Maret 2024, Dilihat 165 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berkomitmen melanjutkan kerja sama dengan A-Azhar University Kairo. Hal tersebut diwujudkan dengan kunjungan delegasi Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Kairo ke Al-Azhar University Kairo pada Rabu, (20/3).
 

Pemahaman Literasi Digital Adalah Salah Satu Kunci Melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar  ( 26 Maret 2024, Dilihat 152 kali . )
Pada tahun ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menjadi salah satu kementerian yang mengikuti program Pelatihan Literasi Digital Sektor Pemerintahan (LDSP). Partisipasi Kemendikbudristek terwujud dalam penyelenggaraan Webinar Literasi Digital kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemendikbudristek.
 

Acara Harmony Day Jadi Ajang Kenalkan Kebudayaan Indonesia di Canberra  ( 23 Maret 2024, Dilihat 350 kali . )
Harmony Day merupakan acara tahunan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah di Australia. Harmony day adalah hari untuk merayakan keragaman budaya yang dimiliki oleh masyarakat Australia. Perayaan Harmony Day di sekolah bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa mengenai keragaman budaya dari berbagai negara dan mengajarkan mereka mengenai hidup harmoni dalam keragaman.
 
 

Kampus Mengajar Dukung Transformasi Pembelajaran Digital di Sekolah  ( 23 Maret 2024, Dilihat 360 kali . )
Pelaksanaan penugasan mahasiswa program Kampus Mengajar Angkatan VII telah memasuki minggu keempat. Sebanyak 32.000 lebih mahasiswa yang bertugas di lebih dari 7.000 sekolah penugasan tengah melakukan berbagai rangkaian penugasan, mulai dari observasi hingga penyusunan Rencana Aksi Kolaborasi (RAK), berisikan rancangan program yang akan diimplementasikan oleh mahasiswa selama penugasan dengan berkolaborasi bersama guru dan tenaga pendidik di sekolah penugasan.
 

SMK Pusat Keunggulan Tingkatkan Relevansi Pendidikan dengan Dunia Industri  ( 22 Maret 2024, Dilihat 134 kali . )
Peningkatan kualitas pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) guna menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing merupakan salah satu program prioritas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Hal tersebut salah satunya diwujudkan melalui terobosan SMK Pusat Keunggulan yang telah diluncurkan sebagai Merdeka Belajar episode ke-8 pada 2021 lalu, dan masih berjalan hingga saat ini.
 

Gotong Royong Bantu Satuan Pendidikan Berikan Layanan Pendidikan Inklusif untuk Semua Murid  ( 22 Maret 2024, Dilihat 101 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan modul pelatihan berjenjang tentang pendidikan inklusif untuk seluruh guru di Indonesia yang dapat diakses melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM), Kamis (21/3). Peluncuran ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), perwakilan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), Ketua Komisi Nasional Disabilitas, Ketua dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kemendikbudristek, perwakilan guru, dan komunitas pendidikan yang peduli terhadap isu layanan dan akses pendidikan inklusif.
 

Sederet Praktik Baik Program Prioritas Kemendikbudristek di Satuan Pendidikan Provinsi Kalteng  ( 22 Maret 2024, Dilihat 78 kali . )
Salah satu program prioritas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), khususnya Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan (Ditjen GTK) pada tahun 2024 adalah rekrutmen ASN PPPK Guru. Program prioritas tersebut merupakan komitmen Kemendikbudristek dalam menyelesaikan isu guru hononer, memperbaiki tata kelola guru, dan mendorong para Pemerintah Daerah (Pemda) di seluruh Indonesia untuk mengusulkan formasi ASN PPPK Guru.
 

Kemendikbudristek Luncurkan Modul Pelatihan Berjenjang Pendidikan Inklusif  ( 22 Maret 2024, Dilihat 157 kali . )
Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru untuk memenuhi hak setiap murid mendapat layanan pendidikan yang inklusif dan setara, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan program pelatihan berjenjang tentang Pendidikan Inklusif pada Kamis (21/3). Pelatihan berjenjang ini diluncurkan dalam bentuk modul tingkat dasar yang dapat dipelajari secara mandiri oleh guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah/penilik di seluruh Indonesia melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).
 

Tari Jaranan Sukses Pukau Siswa Internasional di Canberra  ( 22 Maret 2024, Dilihat 301 kali . )
Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra terus mempromosikan budaya Indonesia di negeri Kangguru. Kali ini, Tari Jaranan dari Jawa Timur berhasil memukau siswa Melba Copland Secondary School, Canberra, saat ditampilkan dalam acara Harmony Day di sekolah tersebut, Kamis (21/3).
 

Kemendikbudristek Bersama Pemprov Kalteng Berkomitmen Teruskan Implementasi Gerakan Merdeka Belajar  ( 21 Maret 2024, Dilihat 72 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan (Ditjen GTK) terus berupaya meningkatkan implementasi Gerakan Merdeka Belajar di satuan pendidikan seluruh Indonesia. Untuk mewujudkan hal tersebut, Ditjen GTK bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah berkomitmen untuk terus melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar di satuan pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah.