BLK Komunitas Langkah Strategis Pelatihan Angkatan Kerja  22 Februari 2019  ← Back

Presiden Joko Widodo menghadiri Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas tahap I antara Kementerian Ketenagakerjaan dengan Lembaga Penerima Bantuan di Jakarta (20/2). Kerja sama ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk fokus dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia, setelah sebelumnya fokus dalam pembangunan infrastruktur.

Dibentuknya Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas diharapkan dapat meningkatkan akses pelatihan dan peran serta masyarakat dalam meningkatkan kualitas SDM. Jenis bantuan yang diberikan kepada lembaga penerima bantuan meliputi gedung workshop, peralatan pelatihan, operasional kelembagaan dan program pelatihan serta pelatihan bagi instruktur dan pengelola BLK komunitas.

BLK komunitas dihadirkan pemerintah sejak tahun 2017 dengan mendirikan 50 lembaga. Kemudian pada tahun 2018 didirikan 75 lembaga dan pada tahun 2019 akan didirikan 1.000 lembaga dengan prediksi akan melatih 100 ribu orang. Untuk tahap I Tahun 2019 akan dibangun 500 BLK komunitas yang tersebar di lembaga pendidikan keagamaan seperti pondok pesantren, seminari, dhammasekha dan pasraman di seluruh wilayah Indonesia. Diharapkan melalui penambahan kejuruan ini, BLK komunitas dapat melakukan pelatihan sesuai dengan potensi daerah masing-masing sehingga lulusannya dapat terserap di dunia industri dan mendorong minat masyarakat untuk berwirausaha.
















Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 9311 kali