Presiden Bagikan 2.000 KIP kepada Siswa di Toba Samosir  15 Maret 2019  ← Back



Toba Samosir, Kemendikbud —- Pemerintah terus dorong perluasan jangkauan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Kali ini 2.000 KIP dibagikan Presiden Joko Widodo kepada siswa di SMKN 1 Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatra Utara, Jumat, (15/3/2019). Tak hanya mendapatkan kartu, para siswa juga langsung bisa mencairkan dana yang ada pada kartu tersebut melalui mobil Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang sudah tersedia di lokasi. Kemendikbud telah mendata Jumlah siswa calon penerima PIP di Provinsi Sumatra Utara sampai dengan bulan Maret 2019, sebanyak 339.998 siswa.

Presiden berharap dana yang ada di dalam KIP dimanfaatkan dengan bijak. ”Dana dalam kartu ini hanya boleh digunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan,” tuturnya.

Presiden juga mengingatkan kembali tentang pentingnya kedisiplinan dalam menggunakan KIP. "Jangan sampai dana yang diberikan tidak digunakan untuk hal lain yang tidak berkaitan dengan pendidikan, seperti membeli pulsa", pesan Presiden kepada siswa penerima KIP.

Hingga saat ini, manfaat positif yang didapat melalui KIP begitu dirasakan oleh penerimanya, misalnya Shintia, siswi SMAN 2 Balige. Siswi yang bercita-cita melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN) ini bersyukur atas adanya bantuan tersebut. Karena bantuan ini dapat meringankan beban orang tuanya.

“(KIP) sangat membantu. Karena dengan cuma mama yang membiayai kami, jadi (KIP) bisa bantu melengkapi,” kata Shintia.

Sebelumnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan di tahun 2018, sebanyak lebih dari 1,2 juta siswa telah terbantu melalui Program Indonesia Pintar (PIP). "Tahun ini, lebih dari 300 ribu siswa jadi penerima baru KIP di Sumatra Utara. Para penerima terdiri dari SD 94.986 siswa, SMP 175.905 siswa, SMA 38.728 siswa, dan SMK 30.379", disampaikan Mendikbud Muhadjir dalam laporannya. (Aji Shahwin)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 738 kali