PPPPTK Matematika Berpartisipasi dalam Jember Fashion Carnaval 2019  04 Agustus 2019  ← Back



Jember, Kemendikbud --- Untuk pertama kalinya, Pusat Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengikuti Jember Fashion Carnaval (JFC) 2019. Pada kegiatan tahunan berskala internasional ini, PPPPTK Matematika tampil pada kategori Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia (WACI) yang berlangsung tanggal 3 Agustus 2019.

Acara WACI dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Sinarto. Pada WACI 2019, peserta yang mengikuti gelaran ini sebanyak delapan kontingen, yaitu: PPPPTK Matematika, DKI Jakarta, Kabupaten Nganjuk, Nusa Tenggara Barat, Kota Solo, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Jember. Bersama dengan tujuh kontingen lainnya, PPPPTK Matematika berhasil memukau penonton yang hadir dengan menampilkan kreasi fesyen yang menggambarkan budaya kreatif yang bernuasa matematika.

Tim PPPPTK Matematika yang dipimpin langsung oleh Kepala PPPPTK Matematika, Daswatia Astuty. Daswatia mengenakan konstum yang terinspirasi dari bentuk-bentuk dasar geometri yaitu lingkaran, segitiga, dan segi empat yang menghasilkan berbagai pola yang indah. Untuk melengkapi disain kostum geometris tersebut, berbagai angka dan bilangan, lambang operasi, bentuk dua dimensi, bentuk tiga dimensi, lambang-lambang khas matematika, serta bentuk fraktal ditambahkan sebagai asesoris yang merepresentasikan matematika. 

Pemilihan tema geometri pada kostum yang digunakan oleh tim PPPPTK Matematika berasal dari ide Direktur SEAMEO Regional Centre for QITEP in Mathematics, Sumardyono. Ide tersebut kemudian diterjemahkan ke dalam desain kostum karnaval oleh Dandy T Hidayat. Dandy dikenal sebagai disainer sekaligus pembina Persatuan Ahli Perancang Mode Indonesia (PAPMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Daswatia mengatakan keikutsertaan PPPPTK Matematika dalam acara JFC 2019 sebagai upaya untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap matematika sebagai upaya untuk menjadikan matematika sebagai pelajaran yang menyenangkan. Daswatia juga mengungkapkan rasa bangganya atas kerja keras dan keberanian pegawainya untuk tampil dalam kegiatan berskala internasional tersebut. 

Keikutsertaan PPPPTK Matematika pada gelaran WACI pada JFC 2019 didukung juga oleh PPPPTK Seni dan Budaya dan SEAMEO QITEP in Mathematics. Keduanya hadir diwakili oleh pejabat struktural dan didampingi beberapa staf pada saat acara untuk memberikan semangat kepada tim PPPPTK Matematika yang tampil. (Rina Kusumayanti / Nur Widiyanto)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1544 kali