KBRI Kairo Beri Apresiasi Prestasi Bagi 170 Orang Duta Al-Azhar  28 Oktober 2020  ← Back



Kairo, 27 Oktober 2020 --- KBRI Kairo bekerja sama dengan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir menyelenggarakan acara wisuda dan apresiasi prestasi bagi 170 orang lulusan Universitas Al-Azhar di Wisma Duta, pada hari Selasa, 27 Oktober 2020. Tema yang diangkat untuk acara ini adalah “Kokohkan Jiwa Azhari, Wariskan Islam Wasathi, Mengabdi untuk Negeri”.

Islam Wasathi mengandung makna nilai-nilai Islam yang dibangun atas dasar pola pikir yang lurus dan pertengahan, tidak berlebihan dalam hal tertentu.” Pesan utamanya adalah mengajak para Alumni Al-Azhar untuk menjaga, mempertahankan, dan menyebarkan ‘Manhaj Al-Azhar Al-Syarif”, yaitu manhaj wasathiyah (moderasi bergama) sebagai pilar untuk mengokohkan bangsa Indonesia.

Guna memotivasi mahasiswa Indonesia di Mesir, KBRI bersama donatur dan OIAA Cabang Indonesia memberikan apresiasi atas prestasi yang telah dicapai. “(kami) memberikan hadiah laptop kepada empat orang lulusan terbaik dan uang cash dalam jumlah tertentu bagi 20 orang lulusan terbaik”, ungkap Atase Pendidikan dan Kebudayaan Bambang Suryadi di tempat terpisah.

Pada kesempatan ini, Bambang Suryadi juga menyampaikan terima kasih kepada donatur dan Ketua OIAA Cabang Indonesia atas partisipasi, dukungan, dan kerja sama dalam acara wisuda dan apresiasi prestasi tersebut.

Acara yang digelar dengan konsep ‘Pass Through Graduation’ ini dihadiri oleh seluruh pegawai KBRI, Perwakilan Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia, Presiden PPMI dan jajarannya, serta beberapa pengusaha Indonesia di Mesir. Pada acara tersebut Rektor Universitas Al-Azhar, Ketua OIAA dan Wakil Menteri Agama RI juga memberikan sambutan dalam bentuk video.

Kepala Perwakilan RI Kairo/KUAI M. Aji Surya dalam sambutannya mengatakan acara wisuda dan apresiasi prestasi mahasiswa Indonesia di Mesir ini merupakan acara tahunan yang dilaksanakan sejak tahun 2017. Biasanya acara diselenggarakan di Al-Azhar Convention Center (ACC), namun karena kondisi pandemi Covid-19, acara kali ini diselenggarakan di Wisma KBRI dengan ikon ‘Merah Putih’ dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

M. Aji Surya menambahkan, pada tahun ini, dari 233 lulusan Al-Azhar tahun akademik 2019/2020, hanya 170 orang yang mengikuti acara wisuda dan apresiasi prestasi. Hal ini karena sebagian alumni telah kembali ke tanah air. Meskipun jumlah ini tidak terlalu besar, namun peran mereka dalam membawa misi Islam wasathi sangat besar.

“Sebanyak 233 Duta Al-Azhar siap terjun membina umat, membawa solusi-solusi segar dan bermanfaat, yang dapat memberikan kebaikan bagi bangsa dan agama”, ucapnya.

Kepada para Mahasiswa Indonesia yang masih menempuh studi di Mesir, M. Aji Surya juga berpesan supaya mereka meningkatkan prestasi, baik di bidang akademik maunpun nonakademik. “Tak lupa juga Masisir lainnya yang masih menempuh pendidikan di sini yang jumlahnya tak kurang dari 8.000 orang, supaya terus mengukir prestasi demi masa depan bangsa,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi dalam sambutannya melalui rekaman video berpesan agar alumni Al-Azhar menjadi cermin sebagai pembawa ajaran Islam yang ramah dan rahmatan lilalamin, tidak hanya untuk Indonesia, tetapi juga untuk dunia. Nilai-nilai Islam yang dimaksud adalah tawashut, tawazun, i’tidal, dan tasamuh.

Zainut mengatakan bahwa bangsa Indonesia sangatlah majemuk, terdiri dari berbagai suku, ras, etnis, dan agama. Lebih khusus lagi bahwa kemajemukan tersebut terjadi pada umat Islam yang tergabung dalam berbagai ormas dan kelembagaan Islam. Tentunya masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda, baik dari segi agenda dan pola gerakannya, serta pemahaman keagamaannya.

Oleh karena itu, tambahnya, penting bagi umat Islam untuk senantiasa menjaga hubungan persaudaraan yang rukun antara sesama muslim (ukhuwah Islamiyah) dan antar sesama anak bangsa (ukhuwah wathaniyah). Perbedaan umat Islam sedapat mungkin tidak sampai menimbulkan perpecahan.

Bambang Suryadi menjelaskan, dari 170 orang lulusan Al-Azhar tersebut terdapat satu orang Mumtaz Ma’a Martabati Syaraf Ula, sembilan orang Mumtaz, 10 orang Jayyid Jiddan Ma’a Martabati Syaraf, 41 orang Jayyid Jiddan, 79 orang Jayyid, dan 30 orang Maqbul dan Tasfiyah.

Adapun empat orang lulusan terbaik yang mendapat hadiah laptop adalah Hafash Ubaidillah dari Fakultas Syariah Wa Qanun, Jurusan Syariah Ismaliyah dengan nilai kumulatif 88,72; Mu’adzah Nurul Azizah dari Fakultas Dirasat Islamiyyah Wal-Arabiyah, Jurusan Syariah Islamiyah dengan nilai kumulatif 88,66; Hamidatul Hasanah dari Fakultas Dirasat Islamiyyah Wal-Arabiyah, Jurusan Aqidah Wal-Falsafah dengan nilai kumulatif 87,40; dan Martha Mishbahul Munir dari Fakultas Syari’ah Wa Qanun, Jurusan Syari’ah Islamiyah dengan nilai kumulatif 87,31. ***(Denty. A/Aline. R)
 
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat  
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Laman: www.kemdikbud.go.id
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI, PPMI Mesir TV
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
 
Laman Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Cairo: https://kemlu.go.id/cairo/id
FB : Panitia Wisuda PPMI Mesir
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Instagram: indonesiacair,  IG : @ppmimesir
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1929 kali