Kemendikbud Apresiasi Peserta Didik Berprestasi dalam Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia  01 Januari 2021  ← Back



Bandung, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menggelar acara Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia. Acara yang dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbud ini merupakan bentuk apresiasi Kemendikbud kepada peserta didik berprestasi yang berhasil meraih juara pertama dalam berbagai kompetisi yang diselenggarakan Puspresnas Kemendikbud.

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbud, Ainun Na'im, mendorong agar para peserta didik berprestasi, baik siswa-siswi maupun mahasiswa-mahasiswi, terus meningkatkan kemampuan diri untuk berkontribusi bagi bangsa Indonesia. Menjadi juara dalam sebuah kompetisi harus dijadikan awal untuk terus mengembangkan diri, dan tidak cepat berpuas diri dengan prestasi yang diraih.

"Selamat kepada adik-adik semua atas prestasi yang telah dicapai. Semoga tetap semangat dalam belajar, membangun diri, mengembangkan diri, dan berkontribusi lebih besar untuk pembangunan bangsa dan negara Indonesia," kata Ainun Na'im dalam acara Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia secara daring, Kamis (31/12/2020) yang lalu.

Sesjen Kemendikbud juga mengapresiasi para guru, dosen pembimbing, dan orang tua serta keluarga siswa/mahasiswa yang telah mendampingi dan memotivasi putra-putrinya mengikuti kompetisi yang diselenggarakan Kemendikbud secara baik dan jujur.

Ainun Na'im berharap para peserta didik berprestasi mengikuti acara tersebut secara aktif, karena banyak narasumber yang akan membagikan ilmu dan pengalamannya. "Acara ini sangat bermanfaat untuk memberikan inspirasi bagi kita semua khususnya adik-adik, ada berbagai tokoh nasional yang akan memberikan inspirasi, membagikan pengalamannya kepada adik-adik semua," pesan Ainun.

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Puspresnas Kemendikbud, Asep Sukmayadi, menyatakan rasa bangganya terhadap para peserta didik berprestasi yang berhasil menjadi juara tahun ini. "Peserta didik yang berkumpul hari ini sebanyak 868 siswa/mahasiswa, merupakan peserta didik terbaik yang berprestasi baik tingkat nasional maupun internasional, dari total 121.745 peserta dalam berbagai kompetisi, lomba, dan festival yang dilaksanakan Puspresnas Kemendikbud," kata Asep Sukmayadi.

Tujuan kegiatan Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia adalah mempertemukan peserta didik berprestasi dalam ruang silaturahmi virtual. "Selain itu untuk memperluas wawasan kebangsaan, berbagi inspirasi, idealisme, dan gagasan. Juga untuk membangun jejaring talenta nasional, menyatukan semangat dan tekad sebagai genarasi emas pelajar Pancasila," ujar Plt. Kepala Puspresnas.

Tahun ini, di tengah pandemi Covid-19 Kemendikbud melalui Puspresnas tetap menyelenggarakan berbagai kompetisi, lomba, dan festival bagi peserta didik tingkat nasional. Total kompetisi yang dilaksanakan berjumlah 52 ajang, yang diikuti sebanyak 121.745 peserta. Pelaksanaan kompetisi secara daring dengan jumlah peserta yang yang sangat banyak membuahkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Kemendikbud mencatatkan empat Rekor nasional MURI, yaitu: 1. Kompetisi Bidang Sains, Riset, Teknologi, dan Inovasi Secara Daring dengan Jumlah Peserta Terbanyak; 2. Kompetisi Bidang Seni, Bahasa, dan Literasi Secara Daring dengan Jumlah Peserta Terbanyak; 3. Kompetisi Bidang Olahraga dan Kesehatan Jasmani Secara Daring dengan Jumlah Peserta Terbanyak; dan 4. Kompetisi Bidang Vokasi dan Kewirausahaan Secara Daring dengan Jumlah Peserta Terbanyak. (Nur Widiyanto)

 
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 8103 kali