Lantik Pimpinan Perguruan TInggi, Mendikbud Ingatkan Peran Strategis Pendidikan Tinggi  22 Maret 2021  ← Back



Jakarta, Kemendikbud
--- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim melantik tiga pimpinan Perguruan Tinggi, yaitu Prof. Dr. I Wayan Adnyana, S.Sn.,M.Sn. sebagai Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar; Prof. Dr. drs. Adri Patton, M.Si. sebagai Rektor Universitas Borneo Tarakan; dan Dr. Ir. Darmawan, MP sebagai Direktur Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan. Pelantikan berlangsung secara daring pada 22 Maret 2021.

Dalam sambutannya Mendikbud mengatakan, pendidikan tinggi memiliki peran penting dan strategis dalam menjawab permasalahan bangsa dan meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menghadapi era globalisasi.

“Kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka, telah memberikan ruang kepada perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas lembaga, mahasiswa, dosen, dan lulusan melalui program-program link and match yang mendorong kerja sama dan kolaborasi antara perguruan dengan dunia usaha dan industri,” tutur Mendikbud melalui konferensi video secara daring. Mendikbud hadir secara virtual, sedangkan para pejabat yang dilantik hadir langsung di lokasi pelantikan, yakni di Gedung Ki Hadjar Dewantara Kemendikbud, Jakarta.

Ia berharap pendidikan tinggi dapat menghasilkan SDM yang intelektual, keilmuan, profesional yang kreatif, berbudaya, toleran, demokratis, dan berkarakter tangguh. Karenanya ia mengingatkan bahwa perguruan tinggi memikul tanggung jawab besar untuk memastikan pembelajaran berjalan dengan baik dan mengedepankan keunggulan SDM .

Kemudian kepada seluruh pejabat yang dilantik, Mendikbud mengingatkan untuk menjaga integritas dan menjalankan serta menjamin fungsi unit kerja masing-masing. “Lingkungan kerja yang sehat, aman, dan mendukung, hanya akan tumbuh melalui gotong-royong dan kerja sama yang baik antara pimpinan dan jajarannya.

Selain melantik tiga pimpinan perguruan tinggi, Mendikbud juga melantik 39 pejabat lain yang terdiri dari 1 pengawas, 1 pejabat fungsional utama, dan 37 pejabat fungsional madya, muda, serta pertama. (Aji Shahwin/Desliana Maulipaksi)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 3921 kali