1.679 Mahasiswa Ikuti Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan 2021  18 September 2021  ← Back

Jakarta, 17 September 2021 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional telah sukses menyelenggarakan Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan (KBMK) tahun 2021 pada 13-15 September 2021 secara daring. Kali ini, sebanyak 1.679 mahasiswa dari seluruh Indonesia turut serta dalam ajang yang digelar pada 13-15 September 2021 secara daring oleh Universitas Indonesia (UI) sebagai tuan rumah KBMK 2021.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti memberikan apresiasi kepada para peserta dan mengharapkan ilmu yang telah diterapkan akan berguna bagi para talenta muda dalam membangun serta meningkatkan kualitas bangsa Indonesia.  “Kami yakin adik-adik mahasiswa akan menjadi sosok yang mengisi pembangunan Indonesia ini terutama dalam hal memberikan sumbangsih pemikiran-pemikiran yang bersifat membangun untuk membantu menjawab persoalan-persoalan bangsa ini, dan juga memberikan kontribusi bagi penciptaan lapangan kerja dan meningkatkan kualitas UMKM Indonesia,” terang Suharti pada Jumat (17/9).

Ajang KBMK merupakan kompetisi yang tidak hanya mengevaluasi kemampuan akademik dan nalar mahasiswa dalam bidang ilmu, tetapi juga merupakan sebuah upaya untuk mendekatkan kemitraan antara akademisi, dunia usaha, dan pemerintah.

Untuk itu, tahun ini KBMK bertujuan untuk meningkatkan prestasi, kemampuan akademik, wawasan, berpikir kritis dan berdebat dengan baik dan benar untuk upaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan mengisi produktivitas bagi mahasiswa pada masa pendemi Covid-19. Saat ini, tercatat,  delapan bidang kategori yang terbagi di dalam kompetisi.

Tiap bidang dibentuk guna membentuk pengembangan dan penguatan kompetensi mahasiswa serta daya saing program studi bidang bisnis dan manajemen di Indonesia pada tingkat internasional, mengembangkan jejaring di antara prodi bisnis dan manajemen di Indonesia, serta memberikan kontribusi dalam bentuk ide, gagasan serta rekomendasi strategi untuk meningkatkan daya saing dunia usaha di Indonesia.

Sebanyak 1.679 mahasiswa yang turut serta pada kompetisi ini, dibentuk menjadi 454 tim dan dibagi kedalam delapan divisi cabang lomba yang dibagi menjadi 24 tim. Dalam rangkaian kompetisi, KBMK 2021 dinilai oleh juri dengan komposisi yang seimbang antara perwakilan akademisi dan praktisi bidang bisnis, managemen dan keuangan.

Berikut merupakan daftar nama tim pemenang sesuai dengan kategori yang telah disesuaikan. Untuk kompetisi Perencanaan Bisnis dengan Aspek Ekosistem Energi Bersih dan Terbarukan yang Terjangkau, juara pertama diraih oleh Faraday dari Universitas Prasetiya Mulya. Selanjutanya, juara dua diraih oleh SAKATA dari Universitas Udayana, dan juara ketiga diraih oleh BI FUEL dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Lanjut pada cabang kompetisi Analisis Kasus Bidang Manajemen Operasional. Juara pertama diraih oleh Kujang dari IPB, juara kedua diraih oleh TOM TEAM  dari Institut Teknologi Bandung, dan juara ketiga Botanica IPB. Untuk cabang kompetisi Analisis Kasus Bidang Manajemen Pemasaran, juara pertama diraih oleh REN Team dari Institut Teknologi Bandung (ITB), juara kedua diraih MALEO Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan jaura ketiga diraih oleh Triplets Universitas Gadjah Mada.

Untuk ajang Kompetisi Analisis Kasus Bidang Manajemen Modal Insani, juara pertama diraih oleh Morning Star Consulting Institut Teknologi Bandung, juara ke dua diarih oleh Musketeers dari Universitas Indonesia, dan juara ketiga diraih oleh tim The Gryfindor dari Institut Pertanian Bogor.

Sementara itu, Kompetisi Riset Investasi juara pertama diraih oleh Risk Lovers (UI), Juara 2 - The Capital (Universitas Gadjah Mada), juara ketiga Bullish Capital dari Universitas Gadjah Mada. Untuk itu, Kompetisi Penulisan Karya Tulis Ilmiah, juara pertama diraih oleh ADAMAR dari Institut Teknologi Bandung, Juara kedua diraih oleh Rasminah dari Universitas Prasetiya Mulya, dan juara ketiga diraih oleh Patria Wiraguna dari Politeknik Negeri Bandung.

Kompetisi Keuangan Bidang Audit Investigatif, juara pertama diriah oleh Sukapura (Universitas Gadjah Mada), kemudian juara kedua diraih oleh Wallstreet dari Universitas Indonesia, dan juara ketiga diraih oleh Universitas Gadjah Mada.

Selanjutanya, Kemudian Kompetisi Bidang Komersialisasi Riset dan Teknologi Tepat Guna, juara pertama diraih oleh Cakrawala VII dari Universitas Negeri Malang, juara kedua diraih oleh tim Laskar Juara diraih dari Universitas Negeri Padang, dan, juara B diraih oleh Eco-Aerator dari ITS.



Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
 
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor:513/sipres/A6/IX/2021

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1137 kali