Tampil di Expo 2020 Dubai, ISBI Bandung Tampilkan Inovasi dan Kreasi Musik Tradisional  13 Desember 2021  ← Back



Dubai, Kemendikbudristek --- Salah satu penampilan yang disuguhkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam Expo 2020 Dubai adalah pertunjukan seni budaya yang disajikan oleh Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Seni tradisional yang dipadu dengan nuansa modern menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.
 
Kesenian khas Jawa Barat berupa tari yang dibawakan oleh Mutiara Adinda Handayani, diiringi musik angklung oleh Manshur Praditya, serta gendang dan suling oleh Pian Sopian, sangat selaras saat dipadukan dengan nuansa musik modern.  Perpaduan ini merupakan salah satu inovasi yang dilakukan alumni dan mahasiswa ISBI Bandung agar kesenian tradisional dapat mudah diterima oleh kaum muda dan juga warga negara asing. Terbukti, pengunjung Expo dari berbagai negara sangat menikmati pertunjukan ini.
 
Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Sistem Informasi, dan Kerja Sama, ISBI Bandung, Suhendi Afryanto, menyampaikan bahwa transformasi kesenian sangat diperlukan untuk menjaga kelestarian budaya Indonesia. "Bila kita tidak mau bertransformasi, maka kesenian tradisional akan sulit disenangi oleh generasi muda," ujar Suhendi, di sela Expo 2020 Dubai (10/11/2021).
 
Suhendi mengatakan, untuk bertransformasi, diperlukan semangat dalam berinovasi di lingkungan kampus. Ia menambahkan, dulu, "generasi tua" kerap tidak menerima bila ada anak muda yang berinovasi terhadap karya seni, khususnya seni tradisional. Namun, pola seperti itu saat ini sudah mulai ditinggalkan. Seluruh elemen kampus berlomba menciptakan inovasi, baik di bidang seni ataupun di bidang pendidikan lainnya.
 
"Generasi muda harus mengetahui nilai tradisi kita. Kampus wajib menanamkan dan mendorong anak muda memiliki kecintaan terhadap seni, salah satunya dengan memberi keleluasaan mahasiswa dalam berinovasi," tambah Suhendi.
 
Inovasi dan kreasi yang dilakoni Suhendi dan ISBI Bandung, sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek, 2020 lalu. Dalam MBKM, mahasiswa maupun dosen diberi keleluasaan untuk mengembangkan ilmu yang diterima.
 
Pertunjukan seni budaya oleh ISBI Bandung merupakan salah satu persembahan Kemendikbudristek yang berpartisipasi di paviliun Indonesia dalam pekan kesebelas Expo 2020 Dubai, sejak tanggal 10 hingga 16 Desember 2021. Selain pertunjukan seni, juga akan diputar video dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), untuk memperkenalkan pendidikan tinggi di Indonesia.
 
Selain video yang mengenalkan perguruan tinggi dari ITS dan Unesa, juga akan diputar video seni dan budaya dari ISBI, serta video mengenai Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), yang juga dapat disaksikan oleh pengunjung yang datang.
 
Expo 2020 Dubai merupakan rangkaian dari World Expo, yang merupakan ajang ketiga terbesar di dunia setelah Olimpiade dan Piala Dunia. Setelah sempat tertunda di tahun 2020 akibat pandemi, Expo 2020 Dubai digelar sejak Oktober 2021 hingga Maret 2022, dan diikuti 192 negara dari berbagai penjuru dunia. World Expo sendiri dilaksanakan setiap lima tahun sekali. (Anang Kusuma)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 4049 kali