Gita Bahana Nusantara akan Kembali Tampil di Istana Merdeka pada HUT ke-77 RI  08 Agustus 2022  ← Back

Depok, 6 Agustus 2022 – Setelah dua tahun menyajikan tampilan secara virtual, tahun ini grup paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) akan kembali tampil di Istana Merdeka pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia. Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan Korp Musik Kepolisian Republik Indonesia akan membimbing peserta GBN terpilih secara luring selama pemusatan latihan pada 6 s.d. 15 Agustus 2022.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek, Restu Gunawan mengatakan Gita Bahana Nusantara merupakan representasi Indonesia mini yang diharapkan dapat menjadi perekat persatuan dan penjaga semangat keindonesiaan.

“Seluruh peserta GBN diharapkan dapat menjadi agen baru dari masing-masing provinsi. Tunjukkan semangat dan kesungguhan adik-adik agar GBN dapat tampil maksimal dan prima tahun ini,” ucap Restu pada saat membuka secara resmi Pemusatan Latihan GBN tahun 2022, di Graha Leonie, Wisma Kinasih, Depok, Sabtu malam (6/8).

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Graha, Sekretariat Negara Republik Indonesia, Sri Endah Wartuti menyampaikan seluruh rangkaian acara peringatan HUT ke-77 RI akan dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. “Setiap kegiatan yang dilakukan akan didahului dengan antigen/PCR bagi seluruh peserta yang terlibat,” ujarnya.  

Sebagai informasi, Gita Bahana Nusantara terdiri dari putra dan putri terbaik bangsa Indonesia yang telah melalui proses seleksi ketat untuk dapat bergabung dalam tim paduan suara dan orkestra. Berbagai persiapan dilakukan para peserta, mulai dari pelatihan daring yang dilaksanakan pada tanggal 25-29 Juli dan 1 - 2 Agustus 2022.

Setelah melalui pelatihan daring, seluruh peserta menjalani pemusatan latihan di Wisma Kinasih, Depok. “Tahun ini, 199 putra putri terpilih yang terdiri dari 131 peserta paduan suara perwakilan dari 34 provinsi dan 68 peserta orkestra mendapat kesempatan untuk tampil di Gedung DPR/MPR dan Istana Merdeka pada pengibaran serta penurunan Bendera Merah Putih,” ujar Ketua Pelaksana Gita Bahana Nusantara 2022, Yayuk Sri Budi Rahayu.

Yayuk mengungkapkan, semangat seluruh peserta menggelora di malam pembukaan Pemusatan Latihan GBN tahun 2022. Penantian panjang mereka, kata Yayuk, berbuah manis, tepat di HUT RI yang ke-77 tahun. “Membawakan total 17 lagu, peserta GBN 2022 berkesempatan melakukan penampilan bersama Yura Yunita dan Vidi Aldiano. Hal spesial lainnya ialah kehadiran Nathania Karina, konduktor wanita pertama yang akan memandu Gita Bahana Nusantara 2022,” pungkasnya.







Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#merdekabelajar
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 486/sipers/A6/VIII/2022

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2502 kali