Lewat Kontes KCTBN, Kemendikbudristek Tumbuhkan Kesadaran Keamanan Bahari  15 November 2022  ← Back

Surabaya, 14 November 2022 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menyelenggarakan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) tahun 2022. Kegiatan ini berlangsung di Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Jawa Timur (UPNVJT) selama 5 hari pada 11s.d.15 November 2022 secara luring.
 
Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek, Tjijik Srie Tjahjandarie, berpesan bahwa semua yang telah menjadi finalis adalah juara yang telah berjuang keras untuk menghasilkan karya cipta yang luar biasa. Selain itu, menurutnya KKCTBN merupakan ajang talenta yang penting untuk menumbuhkan inovasi di bidang pertahanan nasional.
 
“Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional ini kami harapkan dapat terus merawat dan meningkatkan minat penelitian hingga hilirisasi inovasi dari teknologi kapal nasional, ini adalah salah satu manifestasi dari imajinasi dan visi politik pemerintah. Dari Pak Jokowi selalu ingin menegakkan kedaulatan Indonesia,” ujar Tjijik dalam sambutan acara pembukaan KKCTBN di UPNVJT pada Jumat (11/11).
 
Senada dengan itu, Koordinator Publikasi dan Kerja Sama BPTI, Rizal Alfian, mengatakan ajang talenta KKCTBN dapat menjadi solusi dan upaya menjaga kedaulatan NKRI Indonesia, serta mengembangkan inovasi-inovasi teknologi digital untuk menjangkau dan bersaing dengan teknologi militer negara-negara maju. “Kita bangga karena para finalis memiliki semangat yang tinggi untuk berjuang dan berkarya. Kami yakin adik-adik mahasiswa akan menjadi sosok-sosok yang mengisi pembangunan Indonesia terutama dalam bidang teknik ilmu perkapalan,” ucapnya.
 
Pada kesempatan yang sama, Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Akhmad Fauzi mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbudristek atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPNVJT). “Saya berharap ajang talenta ini bisa memberikan semangat kepada mahasiswa untuk terus berkembang dan maju di dunia perkapalan,” tutur Akhmad.  
 
KCTBN tahun ini diikuti oleh 100 peserta dari 31 Perguruan Tinggi (PT) se-Indonesia yang sudah terseleksi. Perlombaan KKCTBN tahun 2022 secara umum terbagi atas dua kategori lomba, yaitu pertama Lomba Desain Kapal Militer yang terdiri atas Desain Inovasi Autonomous Semi-Submarine Drone; Desain Inovasi High Speed Support Vessel (HSSV) Catamaran; dan Desain Inovasi Kapal Patroli Catamaran.

Untuk kategori lomba yang kedua adalah Pembuatan dan Performa Prototipe Kapal Militer yang terdiri atas Divisi Pembuatan dan Performa Prototipe Autonomous Semi-Submarine Drone (ASSD); Divisi Pembuatan dan Performa Prototipe Kapal High Speed Support Vessel (HSSV) Catamaran dengan Daya Electric Remote Control (ERC); dan Divisi Pembuatan dan Performa Prototipe Kapal Patroli Catamaran dengan Daya Fuel Engine Remote Control (FERC).
 
Sebagai informasi, ajang talenta KKCTBN adalah wadah pengembangan talenta bidang perkapalan khususnya desain dan performa kapal cepat tak berawak. Kegiatan ini bertujuan untuk dapat mendorong generasi muda bangsa agar ikut berperan dalam kemandirian pertahanan dan keamanan laut Indonesia. Mengingat Indonesia adalah negara maritim dengan 1.000 pulau dari sabang hingga merauke, mahasiswa juga diharapkan dapat menguasai teknologi digital, autonomous, dan augmented reality di bidang teknologi kemaritiman.
 
Pada tahun 2022, KKCTBN mengangkat tema Inovasi Teknologi Perkapalan Digital dan Augmented Reality untuk Mendukung Pertahanan Keamanan Nasional. Diharapkan peserta didik khususnya mahasiswa mampu memberikan sumbangsih ide, pemikiran, dan pembuatan implementasi desain yang mendukung kemandirian hankam melalui inovasi teknologi perkapalan Digital dan teknologi Augmented Reality dalam bidang perkapalan.





Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#MerdekaBelajar
#JujurItuJuara
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 718/sipres/A6/XI/2022

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 662 kali