Program Pemajuan dan Pelestarian Bahasa dan Kebudayaan Tunjukkan Hasil Positif  26 Januari 2023  ← Back



Jakarta, 26 Januari 2023
– Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, dalam rapat kerja Komisi X DPR RI turut menyampaikan Capaian Bidang Kebudayaan dan Kebahasaan. Sebagai Merdeka Belajar episode ke-17, program Revitalisasi Bahasa Daerah telah menjangkau 157 kab/kota di 13 provinsi.

“Untuk mendorong penggunaan bahasa daerah, sebanyak 39 bahasa daerah yang sudah direvitalisasi. Ada berbagai macam SDM yang kita kerahkan di lapangan untuk mendukung Revitalisasi Bahasa Daerah,” ungkap Nadiem di Gedung Nusantara, pada Selasa (24/1).

Pada tahun 2022, sebanyak 2.905.311 siswa SD dan SMP, 2.016 pengawas dan 104.112 kepala sekolah dan guru telah terlibatr terlibat dalam pembelajaran Bahasa Daerah yang lebih menyenangkan. Setidaknya 33.764 pegiat bahasa daerah, 6.167 siswa SD dan SMP melaksanakan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI), dan 15.405 orang turut memeriahkan FTBI.

Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Hafidz Muksin menyampaikan bahwa partisipan perlindungan bahasa dan sastra juga mengalami peningkatan dari target 3.742 orang dan tercapai 4.903 orang, “Ini merupakan salah satu dukungan dalam rangka pelaksanaan Merdeka Belajar episode ke-17 Revitalisasi Bahasa Daerah,” katanya.

Pemajuan Kebudayaan

Dari aspek Kebudayaan, ada 485 Cagar Budaya yang ditetapkan, 718 Warisan Budaya Tak Benda yang ditetapkan, 22.771 Cagar Budaya yang dilestarikan.

“Dari sisi acara, karena sekarang sudah mulai pemulihan dari Covid-19, sebanyak 447 acara terkait nilai budaya yang dikembangkan dan dimanfaatkan,” tutur Nadiem.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid menjelaskan bahwa adanya peningkatan yang cukup signifikan dari kunjungan masyarakat ke museum berkat pelonggaran dari aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di tahun ini yang berpengaruh cukup signifikan terhadap kegiatan kebudayaan.

Lebih lanjut, Hilmar menyampaikan berita baik terkait karya perfilman Indonesia. “Saat ini semakin banyak karya perfilman Indonesia mendapatkan penghargaan internasional di festival-festival film kelas dunia, kehadiran perfilman Indonesia di pentas internasional dalam 2 hingga 3 tahun terakhir ini sangat meningkat,” terangnya.

Ferdiansyah anggota Komisi X DPR RI menyampaikan bahwa Kemendikbudristek harus bisa menginstruksikan Badan Layanan Umum (BLU) Museum Nasional berkolaborasi dengan satuan pendidikan untuk mengajak anak didik melakukan kunjungan formal dalam proyek Museum Nasional sebagai bagian dari program Merdeka Belajar.

“Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan jumlah kunjungan ke museum meningkat dan anak didik mendapatkan gambaran konkret mengenai ilmu yang didapatkan di satuan pendidikan atau lembaga pendidikan,” ucap Ferdiansyah. (Rayhan/Editor: Denty A.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1966 kali