AUG Pererat Persahabatan dan Perkaya Semangat Sportivitas Antarnegara ASEAN  07 Juli 2024  ← Back



Malang, 7 Juli 2024
— ASEAN University Games (AUG) ke-21 Tahun 2024 atau event olahraga antarperguruan tinggi se-ASEAN telah resmi ditutup. Upacara penutupan berlangsung pada Sabtu (6/7) di Graha Cakrawala, Universitas Negeri Malang (UM), Jawa Timur.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menutup secara resmi gelaran AUG ke-21 Tahun 2024 dan menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh negara peserta yang telah berpartisipasi dalam ajang ini. “Kehadiran dan partisipasi Anda semua tidak hanya mempererat persahabatan antarnegara ASEAN, tetapi juga memperkaya semangat sportivitas landasan dari kompetisi ini,” ujar Suharti dalam sambutannya.

Dalam kesempatan ini, Suharti turut menyampaikan terima kasih kepada Presiden ASEAN University Sports Council (AUSC) beserta jajarannya yang telah bekerja keras membantu Indonesia dalam memastikan segala persiapan telah matang dan sesuai prosedur. Kemudian, apresiasi juga diberikan kepada sembilan perguruan tinggi yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan AUG ke-21 Tahun 2024, yaitu Universitas Negeri Surabaya, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Surabaya, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Islam Malang.

“Keterlibatan dan dukungan yang kalian berikan sangat berarti dalam menyukseskan AUG ke-21 Tahun 2024,” terangnya.

Sementara itu, Presiden AUSC, Mohd Rusllim bin Mohamed, mengapresiasi penyelenggaraan AUG ke-21 Tahun 2024 di Surabaya dan Malang. “Kita membawa kenangan prestasi yang luar biasa dan persahabatan seumur hidup yang terjalin melalui olahraga. AUG tidak hanya memperkuat ikatan kita dalam ASEAN tetapi juga telah menunjukkan kepada dunia kekuatan penyatuan olahraga yang melampaui batas,” ungkap Rusllim.

Rusllim juga menyampaikan terima kasih kepada para pihak yang terlibat dalam terselenggaranya AUG ke-21 Tahun 2024. “Sebelumnya saya ingin menyampaikan bahwa ini adalah hal yang luar biasa. Terima kasih kepada Kemendikbudristek, pihak perguruan tinggi, Pemerintah Kota Surabaya dan Malang, Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI), para atlet delegasi, volunteer, serta yang paling penting tim kesehatan yang telah membantu dan bekerja sama dalam kesuksesan terselenggaranya AUG ke-21 Tahun 2024 ini,” ujar Rusllim.

Rusllim juga mengatakan bahwa tahun ini pertama kalinya ajang AUG diselenggarakan di dua kota dan melibatkan sembilan perguruan tinggi sebagai venue pertandingan. “Ini dapat dijadikan benchmarking bagi negara-negara ASEAN lainnya yang akan menjadi tuan rumah AUG ke depannya,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Negeri Malang, Hariyono juga menyampaikan bahwa AUG lebih dari sekadar platform kompetisi olahraga untuk mahasiswa. Perhelatan internasional ini juga merupakan testamen tentang pentingnya kolaborasi dan kerja sama. “Seperti halnya para atlet kita yang bekerja sama mewujudkan tujuan yang sama, yaitu kemenangan bersama, kita juga sebagai Masyarakat Kawasan ASEAN perlu menumbuhkan dan melestarikan semangat persatuan, mutual understanding dan mutual respect dalam hidup berdampingan di masa yang terus berubah ini,” ujarnya.

Salah satu peraih medali emas cabor renang dalam ajang AUG 2024, Farrel Armandio Tangkas, menyampaikan harapan dan pesannya kepada atlet-atlet mahasiswa yang lain. “Semoga atlet-atlet mahasiswa Indonesia bisa mempertahankan performa diri masing-masing, serta tetap semangat, tetap bermimpi tinggi, dan fokus untuk menggapai mimpi tersebut dan selalu percaya apa kata pelatih kita sendiri,” ujar Farrel.

Selain Farel, peraih medali emas cabor pencak silat, Nadia Ramadona juga berharap AUG ini bisa terus menjadi sarana untuk menjalin hubungan baik antaruniversitas dan negara, membuka peluang kolaborasi di bidang olahraga, dan terus mempromosikan nilai-nilai seperti sportivitas, kerja sama, dan saling menghargai antar budaya.

“Untuk teman-teman di luar sana, tetap semangat untuk terus berlatih. Jangan hanya fokus pada hasil akhir. Nikmati setiap momen dalam perjalanan, dari latihan hingga kompetisi. Pengalaman dan kenangan yang didapatkan akan sangat berharga,” pesan Nadia.

Keikutsertaan Indonesia dalam AUG

Indonesia telah menjadi tuan rumah AUG sebanyak lima kali. Indonesia terakhir kali menjadi Juara Umum pada tahun 2014 saat penyelenggaraan AUG di Palembang. Pada tahun 2022, Indonesia menempati urutan ketiga pada penyelenggaraan AUG 2022 di Thailand. Kali ini, Indonesia sukses menjadi tuan rumah sekaligus mengukir prestasi menjadi Juara Umum AUG ke-21 Tahun 2024. Tahun ini, AUG diselenggarakan di dua kota di Jawa Timur, yaitu Surabaya dan Malang dan melibatkan sembilan perguruan tinggi, yaitu Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Universitas Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Islam Malang.

Pada AUG ke-21 Tahun 2024 ini, kontingen Indonesia berasal dari atlet pemusatan latihan nasional (pelatnas) dan pemenang dari ajang talenta Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). Selama dua belas hari pelaksanaan AUG 2024, para atlet mahasiswa dari 11 negara ASEAN telah berkompetisi di 21 cabang olahraga (cabor) yang meliputi, Futsal, Petanque, Bola Voli, Tenis, Renang, Sport Climbing, 3X3 Bola Basket, Judo, Bola Tangan, Wushu, Bridge, Catur, Atletik, Bola Basket, Badminton, Panahan, Voli Pantai, Sepak Takraw, Taekwondo, Pencak Silat, dan Karate.

Berakhirnya penyelenggaraan AUG 2024 di Indonesia ditandai juga dengan penyerahan bendera AUSC kepada Malaysia sebagai tuan rumah AUG 2026.