Kemendikbudristek dan PT. Pos Indonesia Jalin Kerja Sama, Optimalisasi Penyaluran Bantuan Pendidikan  ( 23 Februari 2024, Dilihat 101 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjalin kerja sama dengan PT. Pos Indonesia (Persero) untuk mengoptimalkan pemanfaatan produk dan layanan Pos Indonesia dalam mendukung program  bantuan pendidikan. Naskah kerja sama tersebut ditandangani oleh Direktur Utama PT. POS Indonesia (Persero) Faizal Rochmad Djoemadi dan Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti. Acara seremoni penandatanganan Nota Kesepahaman dengan PT. Pos Indonesia (Persero) dilakukan di Graha Pos Indonesia, Bandung, Kamis (22/02).
 

Kemendikbudristek Ajak Masyarakat Manfaatkan Ruang Publik sebagai Titik Temu Ekosistem Kebudayaan  ( 23 Februari 2024, Dilihat 70 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Talk Show bertema "Perluasan Ruang Publik: Menghidupi Ruang Publik Sebagai Titik Temu Ekosistem Kebudayaan”. Kegiatan ini bertujuan untuk membuka ruang dialog tentang Ruang Publik dalam Pemajuan Kebudayaan serta salah satu implementasi dari cipta kawasan pemajuan kebudayaan.
 

Mahasiswa Rasakan Dampak Positif Program Kampus Mengajar  ( 23 Februari 2024, Dilihat 57 kali . )
Sebanyak 32.000 mahasiswa yang lolos dan telah mengikuti pembekalan sebagai peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 7 akan menjalankan penugasannya di lebih dari 7.000 sekolah di seluruh Indonesia.
 

Kolaborasi Semua Pihak Wujudkan Dampak Positif Program Kampus Mengajar  ( 23 Februari 2024, Dilihat 44 kali . )
Dalam kegiatan pelepasan dan pendampingan peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 7, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Nunuk Suryani, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan program Kampus Mengajar. Menurutnya, program ini merupakan wujud kontribusi pendidikan tinggi dalam aspek pengabdian dengan memberikan asistensi kepada guru dan tenaga kependidikan.
 
 

Kemendikbudristek Lepas 32.000 Lebih Mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan 7  ( 23 Februari 2024, Dilihat 48 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi melepas lebih dari 32.000 mahasiswa yang lolos dan telah mengikuti pembekalan sebagai peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 7. Kegiatan pelepasan dan pendampingan peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 7 ini dilaksanakan secara daring melalui kanal Youtube KEMENDIKBUD RI dan luring secara serempak di 34 provinsi, pada Senin (19/2).
 
 

Para Pengusul Program Doktor Terapan, Simak Prasyarat, Prosedur, dan Instrumennya  ( 23 Februari 2024, Dilihat 127 kali . )
Pada Selasa (20/2), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi menggelar acara Peluncuran Program Doktor Terapan di Jakarta. Peluncuran Program Doktor Terapan ini untuk menjawab kebingungan masyarakat akan keberlanjutan jenjang pendidikan vokasi, utamanya untuk program pascasarjana. Oleh karena itu, dalam acara ini turut dibahas prasyarat, prosedur, dan instrumen untuk mengusulkan program doktor terapan.
 

Gencarkan Promosi Bahasa Indonesia, FBS UNJ Kunjungi Sekolah di Canberra  ( 23 Februari 2024, Dilihat 43 kali . )
Sejalan dengan telah ditetapkannya bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa resmi di sidang umum UNESCO, perwakilan Pemerintah Indonesia di luar negeri didorong unutuk terus menyosialisasikan kebijakan penggunaan bahasa Indonesia khususnya untuk penutur asing.
 

Pendidikan Guru Penggerak Ciptakan Paradigma Baru Pembelajaran  ( 23 Februari 2024, Dilihat 83 kali . )
Kesuksesan transformasi pendidikan di Sulawesi Selatan tentunya tak lepas dari peran Guru Penggerak. Hal penting ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Iwan Syahril. Dalam kunjungannya ke Sulawesi Selatan, Iwan membuka ruang dialog dengan para Guru Penggerak untuk mendengar secara langsung praktik baik yang telah mereka lakukan dalam upaya mendorong transformasi di satuan pendidikan mereka.
 

Kemendikbudristek Bersama 276 Mitra Program MSIB Kukuhkan Komitmen Lewat Penandatanganan Kerja Sama  ( 22 Februari 2024, Dilihat 70 kali . )
Sebanyak 276 mitra program Magang dan Studi Independen (MSIB) mengukuhkan komitmennya melalui penandatanganan kerja sama antara mitra dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), pada Selasa (20/2) di Auditorium Gedung D, Kemendikbudristek. Pengukuhan komitmen ini melibatkan 203 mitra magang dan 73 mitra studi independen yang siap berkolaborasi dengan 47.984 mahasiswa MSIB di angkatan keenam tahun ini.
 

Program Doktor Terapan untuk Penuhi Kebutuhan Riset dan Inovasi Industri  ( 22 Februari 2024, Dilihat 570 kali . )
Pembukaan program pendidikan doktor terapan diarahkan untuk menghasilkan riset terapan dan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Kehadiran program doktor terapan tidak hanya untuk mendorong sumber daya manusia (SDM) dengan kualifikasi tinggi, tetapi juga mampu mendorong kemajuan industri nasional. Untuk itu, program doktor terapan harus menjalin kerja sama dengan industri.
 

Program MSIB Angkatan 6 Kemendikbudristek Siap Hasilkan 40.000 Lebih Talenta Muda Masa Depan  ( 22 Februari 2024, Dilihat 101 kali . )
Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka telah terlaksana dalam lima angkatan dengan berbagai peningkatan dan perbaikan yang terus dilakukan baik dari sisi kuantitas mahasiswa yang terserap maupun kualitas program pembelajaran yang dijalankan. Pada tahun ini, telah terpilih 47.984 mahasiswa yang akan mengikuti program MSIB untuk angkatan ke-enam. Tahun 2024 menjadi tahun pendaftar terbanyak sejak program MSIB diluncurkan pada 2021. Tercatat lebih dari 150.000 mahasiswa dari 700 perguruan tinggi dibawah naungan Kemendikbudristek yang telah mendaftar pada program MSIB.
 

Kemendikbudristek Kupas Tuntas Program PPG Prajabatan di Medan  ( 22 Februari 2024, Dilihat 39 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) hadir di Universitas Negeri Medan (UNIMED) untuk memberikan penjelasan terkait arah kebijakan profesi guru kepada para mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan. Acara ini sekaligus mengupas tantangan dan kesempatan untuk mengabdi menjadi guru profesional.
 

Lantik 34 Tenaga Sensor, Ketua LSF Tekankan Kerja Keras dan Kerja Cerdas  ( 22 Februari 2024, Dilihat 15 kali . )
Ketua Lembaga Sensor Film (LSF), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Rommy Fibri Hardiyanto, melantik 34 tenaga sensor periode tahun 2024 – 2028 di Aula Gedung D, Kemendikbudristek, Jakarta, pada Kamis (22/2).
 

Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Canberra Jajaki Kerja Sama  ( 21 Februari 2024, Dilihat 140 kali . )
Universitas Negeri Jakarta dan University of Canberra, melakukan diskusi rencana kerja sama program double degree magister pendidikan bahasa. Hal tersebut terungkap saat Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (FBS-UNJ) melakukan kunjungan kerja internasional ke Fakultas Pendidikan University of Canberra (FP-UC), pada Senin (19/2). 
 

Kemendikbudristek Dorong Pelestarian Bahasa Ibu yang Lebih Kreatif dan Kekinian  ( 21 Februari 2024, Dilihat 113 kali . )
Hari Bahasa Ibu Internasional yang digagas UNESCO dan diperingati setiap 21 Februari merupakan momentum penting dalam upaya memelihara dan mengembangkan bahasa Sunda sebagai salah satu bahasa ibu di Nusantara. Tidak hanya dalam segi bahasa, melainkan dalam cakupan yang lebih luas lagi, meliputi budaya dengan segala aspeknya.
 

Gotong Royong Sukseskan Transformasi Pendidikan di Pangkajene dan Kepulauan  ( 21 Februari 2024, Dilihat 95 kali . )
Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Iwan Syahril, mengapresiasi sinergi dan kolaborasi pemangku kepentingan pendidikan demi menyukseskan transformasi pendidikan di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan. Iwan mengatakan bahwa pemerintah daerah (Pemda) di Pangkep merupakan pemda yang progresif dalam mendorong satuan pendidikan di wilayahnya menjadi Sekolah Penggerak.
 

Diplomat dan Duta Besar dari Berbagai Negara Ikuti Program Belajar Bahasa Indonesia  ( 21 Februari 2024, Dilihat 90 kali . )
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Kementerian Luar Negeri akan menyelenggarakan program bahasa Indonesia untuk diplomat negara sahabat pada bulan Maret mendatang. Sebanyak 134 warga asing dari 50 perwakilan negara sahabat dan organisasi internasional akan mengikuti kegiatan tersebut.
 

Sinkronisasi dan Harmonisasi Program Pengembangan SMK 2024 Wujudkan SMK yang Lebih Berkualitas  ( 21 Februari 2024, Dilihat 108 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi terus berupaya dan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan guna menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing. Salah satunya melalui transformasi pendidikan pada jenjang SMK.
 

Ditjen Pendidikan Vokasi Luncurkan Program S-3 Terapan  ( 21 Februari 2024, Dilihat 258 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi terus berkomitmen untuk mengembangkan pendidikan vokasi di Indonesia guna meningkatkan daya saing bangsa. Untuk itulah, pendidikan vokasi terus ditingkatkan hingga ke jenjang program doktor terapan atau S-3 terapan.
 

Bantu Pemulihan Pembelajaran Pascapandemi, 674 Mahasiswa Ikuti Program Kampus Mengajar di Lampung  ( 21 Februari 2024, Dilihat 4397 kali . )
Sebanyak 674 Mahasiswa dari perguruan tinggi di Provinsi Lampung telah bergabung dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui seleksi Kampus Mengajar angkatan ke-7 tahun 2024. Mereka akan melakukan praktik mengajar selama satu semester di 140 satuan pendidikan yang tersebar di Provinsi Lampung. Satuan pendidikan tersebut terdiri dari jenjang SD sebanyak 67 sekolah, SMP sebanyak 60 sekolah dan SMK sebanyak 13 sekolah.
 

Direktorat PAUD Canangkan Pembangunan Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani  ( 21 Februari 2024, Dilihat 94 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PDM) melakukan pencanangan pembangunan Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI WBBM) di Jakarta, Senin (19/2).