Bahas Dana Fungsi Pendidikan, Mendikbud Rakor dengan Menko PMK dan Menko Perekonomian   15 Januari 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menghadiri rapat koordinasi dengan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menko Perekonomian Sofyan Djalil. Agenda rakor membahas alokasi dana fungsi pendidikan dalam APBN 2015.

Mendikbud mengatakan, di dalam APBN 2015, dana fungsi pendidikan mencapai Rp409 triliun.

Sedangkan sebesar Rp254 triliun dari alokasi tersebut akan diserahkan langsung ke daerah.

“Inisatif awalnya waktu ketemu KPK lalu. Dikatakan bahwa ada anggaran Rp254 triliun. Ini siapa yang ngurus? Siapa yang ngawasin? Karena itu kita bicarakan dengan Menko Perekonomian,” ujar Mendikbud usai rakor di Jakarta, (13/01/2015).

Ia mengatakan, rakor tingkat kementerian ini akan ditindaklanjuti dengan rapat di tingkat direktorat di kementerian masing-masing. “Mendagri, misalnya, item apa saja yang bisa dimasukkan ke Mendagri, dana yang terkait dengan pendidikan,” katanya.

Menurut Mendikbud, ada beberapa program pemerintah pusat yang sebenarnya bisa dilaksanakan pemerintah daerah dengan menggunakan APBD, misalnya pelatihan guru. “Pelatihan guru selalu dengan APBN. Padahal APBD juga bisa,” ujarnya.

Inti dari rakor, tutur Mendikbud, adalah membuat urusan pendidikan benar-benar dikelola secara bersama. Karena itu rakor juga membahas langkah-langkah persiapan implementasi UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Rakor berlangsung di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa,  (13/01/2015). (Desliana Maulipaksi)


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 737 kali