Galeri Nasional Gelar Pameran Seni Kontemporer Korea  07 Januari 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Galeri Nasional Indonesia (GNI) kembali menggelar pameran seni yang bekerja sama dengan seniman luar negeri. Kali ini pameran berjudul Empty Fullness: Materialitas dan Spiritualitas dalam Seni Modern Korea akan diselenggarakan Galeri Nasional Indonesia bekerja sama dengan Korean Cultural Center Indonesia dan Korea Arts Management Service pada 9 Januari 2015.

Pameran Empty Fullness: Materialitas dan Spiritualitas dalam Seni Modern Korea akan digelar pada 9–20 Januari 2015, berlokasi di Gedung A Galeri Nasional Indonesia. Pameran akan menonjolkan keindahan lukisan monokrom, yang merupakan poros besar dalam seni kontemporer Korea, dan seni moderat yang berperan sebagai poros dasar dari budaya Korea.

Pameran Empty Fullness: Materialitas dan Spiritualitas dalam Seni Modern Korea diprogram untuk mengenalkan kebudayaan cendekiawan Korea yang bisa dinilai sederhana namun anggun, berbeda dari seni minimalis Barat. Pameran yang dikuratori oleh Chung Joon-Mo, Park Young-Rin, dan Asikin Hasan ini menampilkan 52 karya (47 lukisan yang menonjolkan keindahan lukisan monokrom, dan 5 keramik) dari 16 seniman Korea yang berhasil menunjukkan keindahan ‘Guci Bulan’ yang memiliki dunia spiritual berlimpah.

Sebelumnya, selama tahun 2014 pameran serupa telah digelar di Shanghai, Beijing, Jerman, Hungaria dan beberapa negara lain di Eropa. Di Indonesia, pameran ini digelar di Galeri Nasional Indonesia, sebagai bagian dari ‘Program Bisnis Pusat Kebudayaan Asing’ yang dituju untuk menempatkan diri sebagai salah satu poros dari budaya universal.

Pembukaan pameran akan berlangsung pada Jumat, 9 Januari 2015, pukul 19.30 WIB, dan akan dihadiri oleh Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Cho Tai-Young. Sebelum pembukaan berlangsung, sore harinya sekitar pukul 16.00 WIB, Galeri Nasional akan mengajak insan media melakukan Gallery Tour. Pameran Empty Fullness: Materialitas dan Spiritualitas dalam Seni Modern Korea akan berlangsung pada 9-20 Januari 2015. (Desliana Maulipaksi)

 


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 1158 kali