Mendikbud: Masuki MEA 2015, Dunia Pendidikan Harus Optimis dan Lakukan Pengembangan Mendasar  13 Januari 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengajak dunia pendidikan optimis memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. “Untuk memasuki MEA 2015, dalam dunia pendidikan kita harus selalu berpikir optimis terhadap keberhasilan pendidikan di Indonesia. Saya percaya sikap optimis akan selalu menular,” ujar Mendikbud. Demikian disampaikan Mendikbud saat menjadi pembicara di kantor Harian Waspada, di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (10/01/2015).
 
Mendikbud mengajak pengelola institusi satuan pendidikan untuk melakukan berbagai hal yang mendasar dalam memajukan dunia pendidikan, dan kesadaran mengenai pentingnya pengembangan sumber daya manusia dalam masyarakat. “Lakukan pengembangan dunia pendidikan jangan sekedar simbolik, tetapi lakukanlah secara fundamental atau mendasar,” ucap Mendikbud.
 
Pendidikan, kata Mendikbud, harus menjadi wadah yang menyenangkan. Seperti yang pernah di tulis oleh Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara. Sekolah merupakan taman yang menyenangkan bagi para anak-anak Indonesia. Mengingat kembali pesan Bapak Pendidikan Indonesia, sebagai contoh Mendikbud menghimbau institusi pendidikan untuk memanfaatkan kesukaan atau kegemaran para peserta didik menjadi alat belajar.
 
“Tujuan kita adalah untuk menjadikan anak-anak menjadi pembelajar. Kalau seseorang bisa menjadi pembelajar, maka seumur hidup dia bisa belajar terus dan bisa meraih masa depan yang cerah,” jelas Mendikbud. Ia mengatakan kebutuhan pada era MEA 2015 adalah generalis atau orang-orang yang bisa menjadi pembelajar seumur hidup. Bidang yang dipelajari saat ini belum tentu relevan di masa mendatang. Dengan begitu rangsangan  untuk menjadi pembelajar akan sangat bermanfaat ketika berkarya di masa depan. “Bila dapat menjadikan anak Indonesia menjadi pembelajar seumur hidup, Insya Allah kita akan memiliki anak Indonesia yang terbaik, dan menjadi negara yang penuh percaya diri di masa depan,” tuturnya.
 

Mendikbud Anies Baswedan tak lupa mengucapkan selamat hari ulang tahun  kepada media cetak Harian Waspada. “Selamat kepada Harian Waspada yang sudah memasuki usia 68 tahun. Semoga bertambahnya usia dapat semakin sukses dan jaya,” pungkas Mendikbud.(Seno Hartono)  


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 864 kali