Ayo ke Galeri Nasional! Pameran ‘Aku Diponegoro’ Digelar Sebulan Penuh  03 Februari 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Sosok pahlawan nasional Pangeran Diponegoro akan menjadi tokoh utama dalam pameran yang digelar di Galeri Nasional Indonesia, 6 Februari - 8 Maret 2015. Bertajuk “Aku Diponegoro: Sang Pangeran dalam Ingatan Bangsa”, pameran ini menyuguhkan berbagai koleksi lukisan Raden Saleh, yang biasanya dipajang di Istana Negara, dan koleksi dari seniman-seniman tanah air.
 Galeri Nasional (Galnas) Indonesia sebagai pusat museum seni rupa Indonesia berperan aktif dalam gelar pameran tersebut. Tidak hanya menampilkan karya seni rupa, pameran ini dirancang sebagai pendekatan sejarah perjuangan bangsa. “Pameran ini kami harapkan dan kami dedikasikan sebagai sebuah apresiasi, penghargaan terhadap peran dan kontribusi dua tokoh: Pangeran Diponegoro dan Raden Saleh,” demikian diungkapkan Kepala Galeri Nasional Tubagus Andre Sukmana, dalam konferensi pers yang berlangsung di Galnas, Selasa (3/02/2015).
 Andre mengatakan, pameran ini diharapkan menggugah inspirasi pengunjung dalam mengenang kembali perjuangan heroik Diponegoro dan Raden Saleh. Selama berlangsung satu bulan ke depan, Galnas membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk mengapresiasi para pahlawan sekaligus mengedukasi masyarakat terhadap seni rupa.
 Dipilihnya sosok Pangeran Diponegoro dikarenakan ia dikenal masyarakat sebagai pejuang kemerdekaan abad ke-19 yang memimpin rakyat Jawa melawan kolonialisme Belanda dalam Perang Jawa (1825-1830). Dalam pameran ini, Pangeran Diponegoro dihadirkan melalui sudut pandang pelukis klasik, seniman kontemporer, serta masyarakat umum.
 Pameran ini merupakan kelanjutan dari pameran seni Raden Saleh dan Awal Seni Lukis Modern Indonesia yang digelar Juni 2012 lalu. Pameran yang berhasil menggaet 20 ribu pengunjung dalam dua minggu tersebut diprakarsai oleh Goethe Institut Indonesien, bersama Galeri Nasional Indonesia, Sekretariat Negara Republik Indonesia, dan Kedutaan Besar Jerman.
 Pameran kali ini akan berlangsung selama satu bulan, mulai dari 6 Februari – 8 Maret 2015, dan terbuka untuk umum. Dan bagi setiap pengunjung, pameran ini tidak dipungut biaya. (Aline Rogeleonick)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 876 kali