Kemendikbud Lakukan Forum Diskusi Kelompok Layanan dan Program Pendidikan Orang Tua  04 Februari 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Sebagai upaya memperkuat pembentukan unit pembinaan pendidikan keayahbundaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan forum diskusi kelompok, di kantor Kemendikbud, Rabu (04/02/2015). Diskusi tersebut membahas mengenai layanan dan program pendidikan untuk orang tua.

“Melalui forum ini (kita) bisa bersama-sama memikirkan dan merancang langkah ke depan menyangkut kegiatan menguatkan peran orang tua di dalam pendidikan anak,” demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, saat menyapa sekitar 60 orang peserta yang berasal dari para pemangku peduli pendidikan dan kebudayaan.

Mendikbud mengatakan, unit baru yang berperan dalam pembinaan pendidikan keayahbundaan tidak sekedar menjangkau para orang tua peserta didik anak usia dini, tetapi hingga menjangkau orang tua perserta didik pendidikan menengah. “Harus digaris bawahi konteksnya juga bukan sekedar orang tua dapat mendidik anak, tetapi orang tua yang memahami tentang pendidikan,” ujar Mendikbud.   

Sebagai acuan dalam diskusi kelompok, Mendikbud menjelaskan tujuan dibentuknya unit baru ini adalah memberdayakan orang tua atau keluarga untuk berpartisipasi aktif dalam program sasaran berkait peningkatan akses dan mutu pendidikan, serta orang tua mau peduli dan terlibat, sadar pendidikan, aktif memberi stimulus, terus menerus belajar dan mendampingi anak.

“Orang tua sadar pendidikan akan menjadi kunci, karena kalau orang tua sadar akan pendidikan, maka orang tua akan belajar sendiri dengan caranya, sehingga dapat terpenuh hak anak” tutur Mendikbud. (Seno Hartono)


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 755 kali