Mendikbud Terima Kunjungan Presiden Frankfurt Book Fair  24 Februari 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menerima kunjungan Presiden Frankfurt Book Fair (FBF) 2015 Juergen Boos di Kantor Kemendikbud, Selasa (24/02/2015). Kunjungan Juergen kali ini termasuk dalam rangkaian persiapan Indonesia menjadi tamu kehormatan FBF 2015, Oktober mendatang.

Seperti kunjungan-kunjungan sebelumnya, kali ini Juergen juga memantau persiapan Indonesia dalam pameran buku terbesar di dunia tersebut. Dalam pertemuan kali ini, hadir pula ketua Organizing Komite Indonesia di FBF 2015 Goenawan Mohammad. Hasil pembicaraan antara Mendikbud dan Juergen Boos akan disampaikan dalam konferensi pers yang dijadwalkan berlangsung besok, Rabu (25/02/2015).

Menjadi tamu kehormatan dalam FBF menjadi etalase bagi dunia untuk melihat kemajuan Indonesia dan membuka kesempatan kepada penulis Indonesia untuk go internasional. Dalam pameran ini, Indonesia menyiapkan ratusan buku yang telah diseleksi ketat dan diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan bahasa Jerman.

Mendikbud mengatakan, kesempatan menjadi tamu kehormatan di FBF merupakan momen yang sangat penting bagi Indonesia. Pemerintah, kata dia, juga sangat fokus dalam persiapan ini. Dengan FBF diharapkan dunia dapat melihat Indonesia lebih baik. "Sekarang dunia melihat Asia sebagai pasar yang sangat prospektif," katanya. 

Menteri Anies mengatakan, Indonesia yang kaya akan bahasa lokal beruntung memiliki Bahasa Indonesia sebagai penyatu bangsa. Dan menanggapi hal tersebut, Juergen pun mengamini dan mengatakan bahwa literasi adalah jalan untuk menjalani kehidupan dan bermasyarakat. Dengan FBF ini ia berharap agar Indonesia dapat lebih dikenal luas. "Selama ini orang lebih tahu Bali, di sini mereka akan lihat Indonesia lebih dari Bali," tuturnya. (Aline Rogeleonick)


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 634 kali