Pameran Aku Diponegoro Dibuka Hari Ini  05 Februari 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud ---  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan dijadwalkan membuka pameran Aku Diponegoro: Sang Pangeran dalam Ingatan Bangsa, dari Raden Saleh hingga kini, di Galeri Nasional Indonesia, Kamis (5/02/2015) malam. Pameran yang akan digelar selama satu bulan (6 Februari-8 Maret) tersebut akan dibuka untuk umum Jumat (6/02/2015).

Aku Diponegoro merupakan pameran yang menampilkan lukisan beberapa seniman ternama dari zaman dahulu hingga hari ini. Sebut saja Raden Saleh, seorang pelukis yang lukisannya sekarang menghiasi dinding-dinding istana negara. Beberapa lukisan sang maestro yang kini disebut sebagai perintis seni rupa Indonesia ini bisa dinikmati di pameran ini.

Selain Raden Saleh, pameran ini juga menyuguhkan lukisan yang dilengkapi dengan sejumlah potret (semu) Diponegoro, karya seniman Indonesia seperti Soedjono Abdullah, Basuki Abdullah, Harijadi Sumodidjojo dan banyak lainnya. Ada pula beberapa seniman kontemporer yang turut berpartisipasi, seperti Srihadi Soedarsono, Heri Dono, Nasirun, dan Entang Wiharso.

Setelah menikmati lukisan, pengunjung bisa mengenang Pangeran Diponegoro lewat peralatan-peralatan yang dulu pernah digunakannya. Pelana kuda dan tombak sang pangeran yang berusia dua abad ini juga bisa dinikmati di sini.

Persiapan pameran ini telah melalui berbagai macam proses. Salah satunya adalah restorasi lukisan yang dilakukan oleh GRUPPE Koln (Cologne, Jerman). Dari pihak Indonesia, yayasan Arsari Djojohadikusumo juga mengambil tempat sebagai pendukung dana dalam restorasi tersebut.

Pameran Aku Diponegoro kali ini adalah kali kedua setelah sebelumnya sukses digelar Juni 2012 lalu. Berawal dari inisiatif Goethe Institut Indonesien, kini pameran Aku Diponegoro difasilitasi oleh Galeri Nasional Indonesia sebagai perwakilan pemerintah bersama dengan Sekretariat Istana, dan Kementerian Sekretariat Negara. (Aline Rogeleonick)

 


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 773 kali