Suasana Kental Khas Sunda Sambut Mendikbud di Bandung  28 Februari 2015  ← Back

Bandung, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan hadir di Kota Bandung untuk berdialog bersama guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa dalam sebuah Seminar Nasional Pendidikan, Sabtu (28/2/2015) di Gedung Merdeka Museum Konferensi Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat. Didampingi Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, Mendikbud disambut dengan tari Sisingaan, tarian khas masyarakat Sunda yang dibawakan siswa-siswi Kota Bandung.

Dalam tarian Sisingaan itu, sejumlah penari terlihat mengangkat dua boneka singa dan menari seiringan dengan musik yang diputar begitu rombongan Mendikbud memasuki ruangan. Para penari yang terdiri dari siswa TK, SD, dan SMP ini terlihat bersemangat membawakan tarian tersebSuasana seminar yang berlangsung setengah hari itu memang sangat kental dengan atmosfir khas Sunda. Sebelum acara dimulai, para peserta yang telah berkumpul di gedung bersejarah peristiwa Konferensi Asia Afrika 1955 ini, diajak menikmati lantunan dari alat musik gamelan yang juga dimainkan oleh siswa-siswi Kota Bandung.
 
Usai tarian penyambutan tersebut,  Mendikbud dan para peserta seminar disuguhkan kembali penampilan dari para siswa Kompleks Sekolah Ahmad Yani Bandung lewat permainan angklung. Ada dua lagu yang dimainkan, yaitu "Es Lilin" dan "Pileuleuyan". Suguhan ini mendapat apresiasi dari para peserta seminar. (Ratih Anbarini)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 651 kali