Indonesia Tandatangani Kontrak dengan Penerbit Jerman  15 Maret 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Indonesia melalui Komite Nasional Program Guest of Honour Frankfurt Book Fair 2015 menandatangani kontrak dengan penerbit Jerman. Penandatanganan kontrak tersebut berlangsung di stand Indonesia di Leipzig Book Fair, Jerman, pada Sabtu (14/03/2015). 
 
Kontrak antara Indonesia dengan penerbit Jerman ditandatangani oleh Ketua Komite Nasional Indonesia Program Guest of Honour Frankfurt Book Fair2015, Goenawan Mohamad. Sedangkan dua penerbit Jerman yang menandatangani kontrak adalah Barbara Weidle dari Penerbit Weidle, dan Eva Streifeneder dari Penerbit Regiospectra. 
 
Penerbit Weidle akan menerbitkan novel karya Leila S Chudori yang berjudul "Pulang". Sedangkan Penerbit Regiospectra akan menerbitkan buku nonfiksi karya Antariksawan, penulis asal Yogyakarta, yang berjudul "Tuan Tanah Kawin Muda". 
 
Wakil dari Penerbit Weidle, Barbara Weidle mengatakan alasan perusahaannya tertarik menerjemahkan novel "Pulang" ke dalam bahasa Jerman dan menerbitkannya. Cerita dalam novel "Pulang" dinilai menyentuh dan sangat kompleks. Leila S Chudori juga dinilai sebagai penulis perempuan dengan karakter yang kuat. Barbara mengatakan, pihaknya mengetahui novel "Pulang" dari novel terjemahan bahasa Inggris yang diterbitkan Yayasan Lontar  di Indonesia.
 
Sementara Eva Streifeneder mengatakan Penerbit Regiospectra memang khusus menerbitkan buku nonfiksi. Dan buku nonfiksi karya Antariksa yang berjudul "Tuan Tanah Kawin Muda" dinilai sebagai buku yang menarik untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman. "Dalam bidang nonfiksi tidak gampang menemukan buku yang cocok untuk diterjemahkan," katanya usai penandatanganan kontrak di stand Indonesia di Leipzig Book Fair, Jerman, Sabtu (14/03/2015). 
 
Indonesia sebagai Guest of Honour di Frankfurt Book Fair 2015 memang memiliki program penerjemahan buku. Program tersebut masih dalam proses. Hingga saat ini sebenarnya sudah ada empat penerbit Jerman yang sudah sepakat menandatangani kontrak dengan Indonesia untuk menerjemahkan dan menerbitkan buku Indonesia. Selain Penerbit Weidle dan Regiospectra, ada juga Penerbit Carl Hanser yang akan menerjemahkan dan menerbitkan karya Andrea Hirata yang berjudul "The Dreamer", dan Penerbit Horleman untuk buku "Jangan Tulis Kami Teroris" karya Linda Christanty. (Desliana Maulipaksi)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 730 kali