Media Jerman Sorot Indonesia sebagai Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair 2015  15 Maret 2015  ← Back

Jerman, Kemendikbud --- Kehadiran Indonesia di Leipzig Book Fair merupakan langkah awal perkenalan Indonesia ke publik Jerman dan publik internasional sebagai Guest of Honour atau Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair 2015. Media Jerman pun mulai menyoroti Indonesia dan memasukkan Indonesia sebagai salah satu berita nasional mereka.
 
Kantor berita Jerman, Deutsche Presse-Agentur (DPA), memberitakan Indonesia sebagai Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair 2015 akan memboyong sekitar 70 penulis ke Jerman. Mereka mengutipnya dari jumpa pers di stand Indonesia di Leipzig Book Fair pada Kamis lalu (12/05/2015). 
 
DPA juga menulis, alasan Indonesia terpilih sebagai Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair di antaranya adalah karena Indonesia merupakan salah satu negara terbesar yang padat penduduknya dan memiliki banyak penulis muda.
 
"Dengan penampilan Indonesia nanti, harus tercipta suatu jaringan internasional. Indonesia harus secara permanen dimediasi oleh sastra dan budaya," ujar Presiden Frankfurt Book Fair, Juergen Boos, seperti dikutip DPA. 
 
Selain itu, DPA juga mengutip perkataan Ketua Komite Nasional Indonesia Program Guest of Honour Frankfurt Book Fair, Goenawan Mohamad, yang mengatakan Indonesia juga akan memperkenalkan warisan arsitektur, seni kontemporer dan kuliner dalam Frankfurt Book Fair 2015 mendatang. 
 
Sebagai kantor berita Jerman, berita DPA pun resmi dikutip media lokal Jerman. Salah satu media lokal yang ikut memberitakan Indonesia adalah Frankfurter Neue Presse, yang dapat dilihat secara daring di laman www.fnp.de. (Desliana Maulipaksi)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 572 kali