Mendikbud Kunjungi Siswa Korban Jembatan Sungai Cibeurang  16 Maret 2015  ← Back

Lebak, Kemendikbud --- Mendengar putusnya jembatan di sungai Cibeurang, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan bergegas menuju lokasi, di Desa Pajagan, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten, Senin (16/03/2015). Yang memprihatinkan dari musibah ini, terdapat 46 peserta didik dari Sekolah Dasar Negeri 1 Pajagan, saat kejadian itu tengah menyeberang.

"Bukan hanya sekali saja mendengar jembatan putus. Yang penting sekarang kita harus melakukan aksi, karena yang mejadi korban adalah anak-anak kita," kata Mendikbud di lokasi kejadian putusnya jembatan.

Dari lokasi kejadian, Mendikbud bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono, didampingi Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Hamid Muhammad mengunjungi Surdi siswa kelas 5 SD yang menjadi korban putusnya jembatan sungai Cibeurang. Surdi diperkirakan mengalami patah tulang belakang.

Mendikbud pun menyampaikan keprihatinan atas musibah yang menimpa siswa tersebut. Melihatnya hanya berbaring di tempat tidurnya, Mendikbud meminta agar Surdi dibawa ke rumah sakit. "Mari nak kita kerumah sakit agar lekas sembuh, dan bisa kembali lagi ke sekolah untuk belajar," ajak Mendikbud kepada Surdi.

Saat itu juga, Surdi dibawa kerumah sakit dekat kantor Bupati Lebak. Hal seperti ini, kata Mendikbud, sudah mejadi tanggung jawab negara, karena tidak mungkin dibiarkan seorang siswa menjadi terbaring akibat kecelakaan dari buruknya jembatan penyeberangan antar desa. "Anak ini harus dibawa ke rumah sakit agar dapat pulih kembali," tegas Mendikbud.

Mendikbud kembali menegaskan, yang diperlukan saat ini adalah langsung bersikap dan bertindak. Berbagai persoalan seperti ini, kata Mendikbud, harus ditangani dengan cepat. Tempat-tempat yang memiliki resiko tinggi saat menuju sekolah, dapat dilaporkan melalui laman sahabat.kemdikbud.go.id.

"Mari bersama-sama lapor agar tidak ada lagi siswa kita yang mejadi korban. Nanti (Kemendikbud) bersama Kementerian PU dan Perumahan Rakyat mengerjakan ini," tutur Mendikbud. (Seno Hartono)
 


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 601 kali