Mendikbud: Tugas Guru Membangun Siswa Berkarakter Jujur dan Tangguh  10 Maret 2015  ← Back

Takengon-Aceh Tengah, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengajak para kepala sekolah untuk menjadikan para siswa punya karakter jujur dan tangguh. Ia juga meminta kepala sekolah agar menjadikan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan layaknya taman.

“Tokoh Pendidikan modern Ki Hadjar Dewantara menyebut sekolah sebagai taman. Artinya ketika anak datang ke sekolah akan dengan senang hati, dan pulang dengan berat hati. Saya mengajak ibu dan bapak guru serta kepala sekolah untuk menjadikan sekolah kita sebagai tempat yang menyenangkan bagi siswa,” kata Mendikbud dalam acara silaturahim dengan para kepala sekolah se-Kabupaten Aceh Tengah dan jajaran pemerintah daerah di Pendopo Kabupaten Aceh Tengah, Takengon, Minggu, (08/03/2015).

Acara silaturahim tersebut dihadiri lebih dari seratus kepala sekolah se-Kabupaten Aceh Tengah serta jajaran pemerintah daerah, didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Kiagus Ahmad Badaruddin, Sekda Provinsi Aceh Dermawan, dan Bupati Aceh Tengah H. Nasaruddin.

Mendikbud mengatakan, berbicara mengenai pendidikan kuncinya ada pada guru, karena guru adalah orang yang paling depan berhadapan dengan para murid sehari-hari. Guru berada di hulu, sementara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tugasnya di hilir.

“Kunci pendidikan ada pada pendidiknya, bukan di kurikulum atau buku. Sebagai guru, bagaimana menjadikan anak-anak, siswa sebagai pembelajar. Guru tidak hanya mengajar, tetapi juga mendidik dan mengispirasi,” kata Mendikbud.

Guru yang akan diingat oleh para muridnya adalah yang menginspirasi murid-muridnya. Guru yang mengispirasi perlu membangun karakter siswa. 

Ia mengatakan guru tidak perlu khawatir dengan  angka nilai yang siswa peroleh saat ini. Bila siswa  menjadi pembelajar, maka mereka akan menemukan peluang untuk terus berkembang dan mengembangkan diri. (Rahman Ma'mun)


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 609 kali