Naskah UN Braille SMALB Selesai 100 Persen  20 Maret 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Pencetakan naskah soal ujian nasional (UN) bagi anak-anak berkebutuhan khusus dalam bentuk naskah UN Braille telah selesai dicetak seratus persen untuk SMA Luar Biasa dan SMP Luar Biasa. Sedangkan  naskah UN bagi sekolah inklusi, di jenjang SMA juga sudah selesai seratus persen dan di jenjang SMP baru sepuluh persen.
 
Data yang disampaikan oleh Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Nizam ini merupakan data terakhir dari sistem monitoring pencetakan yang dipantau dari kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jumat (20/03/2015).
 
Selain naskah UN Braille, percetakan juga mencetak compact disc (CD) yang akan digunakan untuk ujian mendengarkan bahasa Inggris. Pencetakan CD juga sudah selesai 100 persen dan pengirimannya berbarengan dengan naskah cetak kertas ke provinsi-provinsi. "Pengiriman naskah UN ke provinsi yang jauh telah dilakukan sejak Selasa (17/03) lalu," kata Nizam pada konferensi pers di Kantor Kemendikbud, Jumat (20/03/2015).
 
Proses pencetakan yang tepat waktu ini didukung oleh sistem monitoring secara langsung yang memungkinkan pemerintah dan masyarakat bisa melihat progress pencetakan setiap hari. Monitoring ini dilakukan lewat kamera cctv yang dipasang di setiap percetakan. Masing-masing percetakan memasang sebanyak 6-9 kamera cctv yang dipantau langsung dari Kantor Kemendikbud.
 
Nizam mengatakan, dengan cara ini memudahkan koordinasi antara kementerian dan percetakan. Kalau ada percetakan yang mandek dari pagi sampai sore tidak ada tambahan, akan segera dihubungi via telepon langsung ke percetakan dan juga tim Puspendik yang siaga di percetakan. "Mungkin karena ada kerusakan atau apa, itu bisa dilaporkan dan kita ambil tindakan kalau terjadi sesuatu,” katanya. (Aline Rogeleonick)


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 566 kali