Seleksi Program Darmasiswa Berakhir 31 Maret  26 Maret 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Program Darmasiswa 2015 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) saat ini berada di tahap seleksi. Proses seleksi ini telah dimulai 1 Maret lalu dan akan berakhir 31 Maret mendatang. Sebelumnya, program yang digawangi oleh Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kemendikbud ini telah membuka registrasi dari 22 Desember 2014-28 Februari 2015.

Darmasiswa merupakan program yang ditawarkan oleh pemerintah kepada mahasiswa dari negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia untuk belajar bahasa atau budaya Indonesia selama satu tahun. Para pelajar asing ini bisa memilih satu dari 54 universitas terpilih. Program yang dimulai sejak 1974 ini telah memfasilitasi ribuan mahasiswa asing dari 97 negara.

Dalam program ini Kemendikbud menyediakan tunjangan bagi setiap mahasiswa sebesar Rp2.000.000. Tunjangan tersebut terdiri atas tunjangan hidup sehari-hari, buku, transportasi lokal, kesehatan, dan uang saku. Sedangkan untuk biaya akomodasi selama di Indonesia, biaya keberangkatan dan kepulangan  peserta Darmasiswa ditanggung masing-masing peserta.

Peserta yang lolos tahap seleksi  akan diumumkan pada 5 Mei mendatang. Setelah diumumkan, peserta akan mendaftar ulang untuk mengonfirmasi keikutsertaannya mulai dari 8 Mei-8 Juni. Jika konfirmasi telah dilakukan, peserta bisa mendaftarkan jadwal penerbangannya ke Indonesia mulai 8 Mei-26 Juli. Dan sebelum berangkat, peserta akan menjalani pelatihan (pre departure training) di kedutaan besar atau konsulat jenderal Indonesia di negaranya masing-masing.

Peserta dijadwalkan akan tiba di Indonesia sebelum masa orientasi yang akan berlangsung pada 28,29,30 Agustus. Jika telah menjalani orientasi, peserta akan mulai diberangkatkan ke kampus masing-masing. Masa belajar mereka di Indonesia adalah satu tahun terhitung sejak September 2015-Agustus 2016.

Calon peserta Darmasiswa harus berstatus mahasiswa yang dibuktikan dengan surat pengantar dari universitas masing-masing. Usia yang diizinkan bagi setiap peserta untuk mendaftar adalah di bawah 35 tahun dan berstatus lajang. Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi laman Darmasiswa di http://darmasiswa.kemdikbud.go.id/darmasiswa/?page_id=524 . (Aline Rogeleonick)


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 864 kali