Distribusi Naskah UN SMP Ditargetkan Selesai 3 Mei  28 April 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Distribusi naskah ujian nasional (UN) jenjang SMP 2015 ditargetkan selesai 3 Mei atau satu hari sebelum pelaksanaan ujian. Naskah-naskah tersebut akan didistribusikan ke 510 kabupaten/kota yang akan melaksanakan UN SMP pada 4-7 Mei mendatang.

Distribusi naskah UN SMP telah dimulai sejak 26 Maret lalu yaitu ke Kabupaten Maluku Barat Daya. Pada akhir bulan Maret (29/03), ada empat kabupaten/kota yang juga mendapat distribusi awal, yaitu Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Kabupaten Maluku Tenggara, dan Kabupaten Kepulauan Aru.

Distribusi naskah UN SMP terbanyak akan terjadi Rabu (29/04/2015) yaitu ke 106 kabupaten/kota. Sejak awal (26/03) hingga hari ini Selasa (28/04) distribusi sudah mencakup  212 kabupaten/kota. 192 kabupaten/kota lainnya akan mendistribusikan naskah UN pada 30 April hingga 3 Mei. Dengan demikian, secara total, pada 3 Mei nanti naskah UN SMP akan didistribusikan ke 510 kabupaten/kota.

Distribusi naskah UN menggunakan beberapa jalur, yaitu darat, laut dan udara. Khusus untuk Provinsi Aceh pengiriman dilakukan oleh percetakan yang berada di Jakarta, Perum Percetakan Negara RI dengan menggunakan jalur darat. Waktu tempuh pengiriman ini memakan waktu empat hari, yaitu dari tanggal 23-27 April, atas permintaan dinas pendidikan setempat.

Sebelum didistribusikan ke kabupaten/kota, naskah soal dan lembar jawaban yang telah selesai dicetak disimpan di gudang provinsi atau di percetakan. Di beberapa provinsi, penyimpanan dilakukan di Polda dan Kantor Pos Provinsi. Total naskah yang dicetak untuk UN SMP adalah 18.735.824 eksemplar. (Aline Rogeleonick)

 

 


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 568 kali