Distribusi Naskah UN SMP Lancar  30 April 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Ujian nasional jenjang SMP akan digelar 4-7 Mei. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memastikan percetakan dan distribusi naskah ujian hingga ke kabupaten/kota berjalan sesuai prosedur.
 
Mendikbud mengatakan, dari hasil konferensi video yang dilakukan dengan kepala dinas dan kepala Lembaga Peningkatan Mutu Pendidikan (LPMP) seluruh Indonesia, hari ini (30/04/2015), diketahui persiapan UN jenjang SMP berjalan lancar termasuk urusan logistik. Ia berpesan kepada semua pihak untuk berkonsentrasi dan fokus dalam menjalankan ujian ini. “Konsentrasi pada urusan kedisiplinan, karena masalah muncul bisa jadi karena tidak menjalankan prosedur. Jika terjadi hal lain lakukan komunikasi dengan cepat,” katanya pada konferensi pers di Kantor Kemendikbud, Kamis (30/04/2015).
 
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Furqon, mengatakan, percetakan naskah ujian untuk jenjang SMP telah selesai sejak 19 April lalu. Hingga hari ini, distribusi telah dilakukan di 81 persen kabupaten/kota. Distribusi ini ditargetkan sampai ke rayon pada 3 Mei, atau sehari sebelum pelaksanaan ujian.
 
Furqon mengatakan, khusus untuk lokasi yang tidak terjangkau dalam satu atau dua jam dari ibu kota kabupaten/kota akan didistribusikan sehari sebelumnya. Setidaknya ada 19 persen naskah yang ada di gudang provinsi atau percetakan yang berada di daerah.
 
UN SMP juga akan dilakukan ujian berbasis komputer di sejumlah sekolah yang telah menyatakan kesiapannya. Ujian CBT ini akan dilaksanakan dalam tiga sesi setiap hari, yaitu pukul 7.30-9.30, 10.30-12.30, dan 14.00-16.00. Mata pelajaran yang akan diujikan adalah bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan IPA. Sedangkan untuk Paket B, mata pelajaran yang diujikan adalah bahasa Indonesia, kewarganegaraan, matematika, IPS, bahasa Inggris, dan IPA. (Aline Rogeleonick)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 453 kali