Kalimantan Tengah Sukses Selenggarakan UN CBT Hari Pertama   14 April 2015  ← Back

Palangka Raya, Kemendikbud --- Terobosan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan menyelenggarakan ujian nasional (UN) berbasis komputer atau computer based test (CBT) tahun 2015, Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan ujian tersebut di dua lokasi sekolah, yaitu di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Palangka Raya, dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Sampit.    

"Kita sudah lihat pelaksanaan UN CBT di MAN Model Palangka Raya hari pertama sukses dilaksanakan. Saya pun mendapatkan laporan dari SMKN 2 Sampit bahwa pelaksanaan disana berjalan dengan lancar yang diikuti 266 peserta," demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Damber Liwan saat ditemui kemdikbud.go.id di MAN Model Palangka Raya, Senin (13/04/2015).  

Pelaksanaan UN CBT di MAN Model Palangka Raya diikuti 234 peserta. Peserta dari konsentrasi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berjumlah 135 peserta, konsentrasi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berjumlah 67 peserta, dan konsentrasi Keagamaan berjumlah 32 siswa. Pada pelaksanaannya MAN Model menggunakan tiga ruangan, dengan fasilitas setiap ruangan disediakan 36 komputer, dan 10 komputer cadangan.  

"Terobosan yang hebat UN berbasis komputer. Berbagai pendapat yang disampaikan oleh para siswa mereka lebih cenderung senang dengan pelaksanaan UN ini karena lebih sangat memudahkan mereka saat pengerjaan," ucap Kepala Sekolah MAN model Palangka Raya Susilawaty saat ditemui kemdikbud.go.id dikantornya di waktu yang sama.  

Pada kesempatan yang sama, Pengawas UN CBT Mulyono menyampaikan bahwa pelaksanaan UN ini siswa lebih kelihatan tidak tegang. Para siswa tersebut pun rata-rata menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan UN ini. "Pada pelaksanaannya kita tidak perlu kuatir adanya contek menyontek. Kita pun dapat memantau peserta melalui layar CCTV. Kedepan saya berharap pelaksaan UN CBT bisa terus dilaksanakan dan terus diperluas," tutur  Mulyono.  

Penyelenggaraan UN CBT di MAN Model Palangka Raya dibagi menjadi tiga sesi. Pelaksanaan sesi pertama dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB s.d. 09.30 WIB, selanjutnya pada sesi kedua dilaksanakan pada pukul 10.30 WIB s.d. 12.30 WIB. Terakhir sesi tiga dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB s.d. 16.00 WIB.  

Melihat keberhasilan pelaksanaan UN CBT pada hari pertama, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Damber Liwan berharap pada pelaksanaan tahun mendatang dapat bertambah lagi sekolah yang menyelenggarakan di kabupaten/kota. "Kami pun berharap juga adanya petunjuk pelaksana dari kementerian, agar kami dapat menargetkan berapa sekolah yang akan menyelenggarakan UN CBT di tahun mendatang," tutur Damber. (Seno Hartono)

 


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 457 kali