Mendikbud: Teladan Masyarakat Bandung Hendaknya Menular ke Seluruh Indonesia dalam Peringatan KAA ke-60  18 April 2015  ← Back

Bandung, Kemendikbud --- Peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) Ke-60 tahun di Bandung akan dilaksanakan pada Jumat, 24 April 2015. Berdasarkan data dari Kementerian Luar Negeri per tanggal 16 April 2015, sebanyak 34 Kepala Negara akan menghadiri Peringatan KAA Ke-60 tahun. Berbagai persiapan telah dilakukan pemerintah kota Bandung dan masyarakatnya untuk melaksanakan dan memeriahkan peringatan tersebut.
 
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, mengapresiasi seluruh masyarakat Bandung dalam mempersiapkan Peringatan KAA Ke-60 tahun. "Teladan masyarakat Bandung menular ke seluruh Indonesia," katanya saat menyampaikan orasi budaya dalam acara Pendukungan Kegiatan Konferensi Asia Afrika Ke-60 Menuju World Culture Forum (WCF) II Tahun 2016, di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung, Sabtu (18/4/2015).
 
Mendikbud mengungkapkan, masyarakat Bandung telah menunjukkan karakter asli bangsa Indonesia yaitu gotong royong karena ribuan orang telah terlibat untuk peringatan tersebut. "Ini yang namanya mengembalikan konferensi bukan sebagai event yang dikelola E0 tapi sebagai perayaan bangsa di salah satu pusat pergerakan kemerdekaan Indonesia," ujarnya.
 
Mendikbud menyampaikan, masyarakat Indonesia umunya menyaksikan perayaan besar hanya melalui media seperti TV, koran, dan sebagainya. Hal ini, kata dia, dikarenakan rakyat tidak terlibat dalam perayaan besar tersebut, rakyat hanya menonton dan menyaksikan peristiwa itu terjadi. "Bandung mengubah itu, rakyat Bandung menunjukkan bahwa di sini rakyat merasakan perayaan konferensi ini bukan sebagai event yang jauh tapi bagian dari kehidupan," tuturnya. (Agi Bahari)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 389 kali