Museum Nasional Rayakan Hari Jadi ke-237  29 April 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Museum Nasional, sebagai museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara merayakan hari jadinya ke-237 pada 24 April 2015. Hari jadi Museum Nasional ke-237 mengangkat tema “Museums for a Sustainable: Museum Nasional dan Peran Komunitas”. Dalam nuansa yang sama, Museum Nasional juga menggelar acara untuk menyambut Hari Museum Internasional yang jatuh pada tanggal 18 Mei mendatang.
 
Kepala Museum Nasional, Intan Mardiana mengatakan, sebagai lembaga pelestarian warisan budaya bangsa, Museum Nasional telah melakukan kajian terkait berbagai aspek teknis permuseuman.
 
“Dari hasil kajian tersebut, program-program publik Museum Nasional disusun untuk selanjutnya dikomunikasikan kepada masyarakat, khususnya generasi muda,” katanya saat memberikan sambutan di Gedung Museum Nasional, Jakarta, Jumat (24/04/2015). Program publik tersebut, lanjutnya, diharapkan mampu membangun dan memperkuat karakter bangsa, agar tepat sasaran dan sesuai dengan harapan masyarakat.
 
“Nantinya, program publik Museum Nasional akan lebih banyak melibatkan peran komunitas,” ujar Intan.
 
Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Kacung Marijan menyampaikan hal serupa terkait pelibatan komunitas.
 
“Melalui museum, kita bisa belajar dan mengetahui peradaban masa lalu, dan akan belajar bagaimana kita dapat berbuat sesuatu yang baik di masa depan. 237 tahun ini adalah tentang pelibatan komunitas. Tanpa komunitas, museum tidak akan ramai gaungnya di masyarakat,” kata Kacung.
 
Ia mengatakan, angka 237 pada hari jadi Msueum Nasional tahun ini merupakan angka penting. “Saya buka satu kodenya, yaitu angka 7 di belakang 237. Tahun ini InsyaAllah di belakang museum, akan berdiri 7 lantai, yang pengerjaannya diperkirakan selesai di akhir tahun ini,” ujarnya.
 
Kacung berharap, dengan adanya Festival Museum yang diselenggarakan dalam rangka Hari Jadi Museum Nasional ke-237 tahun, kecintaan masyarakat terhadap museum akan semakin kokoh. Ia juga mengajak masyarakat untuk menjadikan museum sebagai rumah budaya untuk semua kalangan dalam melakukan berbagai kegiatan kebudayaan.
 
Untuk menarik minat pengunjung, di hari jadinya ini, Museum Nasional juga meresmikan sebuah kafe yang terletak di lantai dasar Gedung B. Kehadiran kafe diharapkan dapat menjadikan museum sebagai tempat yang menyenangkan. Kafe ini menyajikan berbagai cemilan dan minuman yang dapat menjadi tempat bersantai para pengunjung museum. (Desliana Maulipaksi/ Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id)
 

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 418 kali