Lima Mahasiswa Asing Program Darmasiswa Juarai Lomba Pidato Bahasa Indonesia  28 Mei 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Program Darmasiswa menyelenggarakan Lomba Pidato Bahasa Indonesia untuk mahasiswa asing peserta Program Darmasiswa. Sebanyak lima orang berhasil menjadi juara. Lomba diikuti seluruh peserta Program Darmasiswa dari 72 negara yang tersebar di 53 lembaga perguruan tinggi.

Juara I diraih Susrina Kalee dari Thailand, yang belajar di Universitas Negeri Jakarta; Juara II diraih Aron Laki dari Hungaria, yang belajar di Universitas Negeri Yogyakarta; Juara III diraih Huang Mengjiao dari Tiongkok, yang belajar di Universitas Pendidikan Indonesia; Juara  Favorit I diraih Lu Chun Hua dari Tiongkok, yang belajar di Universitas Muhammadiyah Malang; dan Juara Favorit II diraih Daniel Krausse dari Jerman, yang belajar di Universitas Negeri Surabaya.

Lomba Pidato Bahasa Indonesia untuk peserta Darmasiswa berlangsung dalam tiga tahap, yaitu Babak Kualifikasi pada 4 Mei 2015 yang dilaksanakan di tingkat perguruan tinggi, Babak Semi Final pada 11 Mei 2015 yang dilaksanakan per regional, dan Babak Final pada 23 Mei 2015 di Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat. Penyelenggaraan kegiatan ini dilakukan atas kerja sama Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud.

Tema Lomba Pidato Bahasa Indonesia untuk Babak Final adalah “Masa Depan Bahasa Indonesia dalam Pergaulan Internasional”. Ada tiga juri yang menjadi penilai, yaitu dua orang dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud dan satu orang dari Balai Bahasa Padang, Sumatera Barat. Bagi Juara I mendapatkan hadiah berupa beasiswa S1/S2 atau S3, Juara II mendapatkan hadiah berupa perpanjangan studi 1 tahun, dan juara III mendapatkan hadiah berupa perpanjangan studi 6 bulan.

Penganugerahan dan pemberian penghargaan bagi para pemenang berlangsung di Kantor Gubernur Sumatera Barat, Padang, (23/05/2015), bersamaan dengan kegiatan Pembekalan Kepulangan Peserta Program Darmasiswa Tahun Ajaran 2014/2015. Selain dihadiri perwakilan Kemendikbud, acara penganugerahan juga dihadiri perwakilan pemerintah daerah Sumatera Barat, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Sekretariat Negara dan Kementerian Hukum dan HAM.

Darmasiswa adalah program beasiswa yang ditawarkan kepada semuamahasiswa asing dari negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik denganIndonesia untuk mempelajari Bahasa Indonesia, seni, musik dan kerajinan di perguruan tinggi di Indonesia selama satu tahun. Tujuan utama program ini adalah untuk mempromosikan dan menambah ketertarikan generasi muda dari negara lain terhadap bahasa dan budaya Indonesia. (Desliana Maulipaksi)

 


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 421 kali