Mendikbud Ajak Pelaku Pendidikan dan Kebudayaan Contoh Sifat Otentik Ki Hadjar Dewantara  23 Mei 2015  ← Back

Yogyakarta, Kemendikbud --- Memperingati puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2015, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengajak para pelaku pendidikan dan kebudayaan melakukan ziarah ke makam Bapak Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara, sebagai upaya mengenang jasa para pahlawan nasional. 

"Disini tempat dimakamkannya tokoh-tokoh besar Indonesia. Kami ziarah kesini untuk mengingat kembali mereka, dan mengingat kembali apa yang sudah mereka ajarkan kepada kita," demikian disampaikan Mendikbud pada acara ziarah ke makam Bapak Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara, Yogyakarta, Sabtu (23/05/2015). 

Mendikbud mengatakan, teladan karakter para pahlawan, khususnya Ki Hadjar Dewantara yang patut di contoh para generasi muda adalah sifat keapaadaannya. Sifat otentik inilah yang perlu dipelajari dan di contoh."Disini kita kembali mengingat. Mari kita kembalikan semangat Ki Hadjar Dewantara di setiap lini pendidikan," tutur Mendikbud. 

Tahun ini Hardiknas dilaksanakan di Yogyakarta, kata Mendikbud. Selain sebagai kota pelajar, Yogya juga tempat Ki Hadjar Dewantara menerapkan konsep pemikirannya di Taman Siswa. Mendikbud berharap dengan mengenang jasa Bapak Pendidkan Nasional, berbagai pemikirannya dapat dihidupkan kembali untuk membangkitkan kiprah para kaum muda. 

"Kita tunggu kiprah adik-adik sekalian. Semoga ikhtiar kita membangun pendidikan dan kebudayaan diberikan berkat oleh Tuhan Yang Maha Esa, demi membangun Indonesia lebih baik," pesan Mendikbud. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Majelis Luhur Taman Siswa Ki Sri Edi Swasono mengucapkan terima kasih kepada Mendikbud beserta jajarannya, serta para pelaku pendidikan telah menjadikan momen ziarahan ini sebagai peristiwa besar mengenang jasa para pahlawa  Indonesia. (Seno Hartono)

 

 


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 503 kali