Mendikbud: Motivasi Dorong Capai Cita-cita Luhur  18 Mei 2015  ← Back

Makassar, Kemendikbud --- Masa depan sangat membutuhkan orang-orang yang menguasai bidangnya, dan penguasaan bidang tersebut tidak akan berjalan sesuai harapan tanpa adanya motivasi diri. Dengan motivasi inilah sebagai dorongan untuk mencapai cita-cita luhur. 

Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan pada acara spesial motivasi di Universitas Islam Negeri Alaudin, Samata, Sulawesi Selatan, Minggu (17/05/2015). “Kalau mau jadi orang hebat, hidupkan motivasi dalam diri dan jauhkan diri dari hal–hal negatif,” kata Mendikbud.

Mahasiswa, kata Mendikbud, secara mendasar memiliki motivasi belajar yang tinggi. Motivasi belajar ini perlu ditingkatkan dengan meningkatkan standart nilai yang ingin dicapai. Untuk memberikan target standar minimal, Mendikbud mengatakan, dapat menggunakan syarat standart untuk mendapatkan beasiswa.

“Bila standar untuk mendapatkan beasiswa ini bisa menjadi standar anda, maka standar minimal bisa anda capai, bahkan bisa melampaui standar minimal,” ujar Mendikbud.

Pada kesempatan ini, Mendikbud mengajak kaum muda untuk membuat biografi diri. Tuliskan pada biografi tersebut seakan-akan hari ini adalah tahun 2030. Biografi tersebut berbicara masa depan, buatlah mimpi setinggi mungkin. “Tunjukan rencana masa depan anda sebagai pegangan hidup anda. Karya apa yang akan anda buat untuk masa depan, dan lampaui mimpi anda,” pesan Mendikbud.

Mendikbud berharap mahasiswa dapat menjadi penerus bangsa. Bangun jejaring, dan rajin dalam belajar. “Jangan sia-siakan kuliah anda. Jadilah contoh bagi adik-adik anda, dan persiapkan diri untuk menjadi pemimpin masa depan,” pungkas Mendikbud. (Seno Hartono)   

 


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 699 kali