Mendikbud Sambut Peraih Penghargaan Kompetisi Riset Sains Pittsburgh  18 Mei 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyambut baik pelajar Indonesia peraih penghargaan kompetisi riset sains tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) “Intel International Science and Engineering Fair” tahun 2015, yang di selenggarakan di Pittsburgh, Amerika Serikat.

“Selamat atas prestasi terbaik adik-adik yang baru kembali dari Pittsburgh. Anda telah membawa nama baik dan mengharumkan nama bangsa,” demikian disampaikan Mendikbud saat menyambut para penerima penghargaan tersebut di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senin (18/05/2015).

Mendikbud mengajak para penerima penghargaan untuk menuliskan pengalaman mereka selama mengikuti kempetisi tersebut, agar para peserta didik lain dapat mengikuti jejak menjadi juara pada ajang kompetisi Internasional. “Jejak langkah anda hari ini menjadi inspirasi bagi peserta didik lainnya. Teruskan prestasi anda,” tutur Mendikbud.

Pada kompetisi riset sains ini, Indonesia mengirimkan enam tim. Tiga tim berasal dari penerima juara satu Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tahun 2014, dan tiga dari penerima juara satu Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) tahun 2014. Dari enam tim tersebut, terdapat dua tim meraih grand award di kategori Matematikan, Ilmu Material dan Kimia, serta satu tim meraih sertifikat penyambutan terhormat.

Tiga tim pelajar dari Indonesia yang mendapatkan penghargaan untuk kategori Matematika, Ilmu Material dan Kimia adalah I Dewa Gede Ary Palguna, dan I Kadek Sudiarsana dari SMA Negeri Bali Mandara Singaraja. Selanjutnya penghargaan kategori Ilmu Material juga diberikan kepada Luca Cada Lora, dan Galih Ramadhan dari SMA Negeri 1 Surakarta Jawa Tengah.

Peserta Indonesia yang mendapatkan Sertifikat Penyambutan Terhormat dalam kategori Kimia adalah Shinta Dewi, dan Hansen Hartono dari SMA Katolik Gembala Baik, Kalimantan Barat. “Kita berharap tahun depan bisa lebih banyak lagi yang mengikuti kompetisi ini, dan lebih banyak lagi yang menerima penghargaan. Dengan begitu akan lebih banyak lagi anak-anak Indonesia yang mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional,” pungkas Mendikbud. (Seno Hartono)  


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 480 kali