Revolusi Mental Dimulai dari Sekolah, Kejujuran Dimulai dari UN   17 Mei 2015  ← Back

Makassar, Kemendikbud --- Menjadi harapan setiap warga negara Indonesia, menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang memiliki integritas tinggi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan revolusi mental, dan ini dapat dilakukan mulai dari bangku sekolah. Penanaman revolusi mental di bangku sekolah pun dapat dilakukan, minimal dari pelaksanaan ujian nasional (UN) yang berintegritas tinggi.  

Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan pada acara bincang-bincang bersama Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wilayah Sulawesi Selatan, dan media massa, di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (16/05/2015).

"Kita harus kembalikan dan tanamkan nilai-nilai kejujuran di bangku sekolah, minimal saat penyelenggaraan UN. Dengan begitu revolusi mental dapat kita wujudkan," tutur Mendikbud pada acara tersebut. Acara dihadiri sekitar 60 orang dari berbagai unsur media massa, perwakilan orang tua, dan pegiat pendidikan.  

Penekanan nilai integritas ini menjadikan hal yang berbeda pada pelaksanaan UN tahun 2015. Selain menyampaikan angka prestasi siswa, kata Mendikbud, pelaksanaan UN tahun ini juga memberikan laporan nilai integritas setiap sekolah di kabupaten/kota kepada kepala daerah masing-masing. "Kita ingin pola kecurangan bisa diubah. Nanti kepala dinas akan menerima dari kami selain prestasi akademik siswa, juga nilai integritas sekolah," ujar Mendikbud.  

Bagi sekolah yang memiliki nilai integritas tinggi dalam penyelenggaraan UN, Mendikbud akan mengundang masing-masing kepala sekolah dari sekolah-sekolah dimaksud sebagai upaya memberikan apresiasi atas prestasi yang telah diraih. "Kita ingin tunjukan bahwa ini adalah wajah para kepala sekolah yang memimpin sekolahnya dengan baik, sehingga dapat menyelenggarakan UN yang berintegritas," ucap Mendikbud.  

Pada kesempatan ini, Mendikbud memberikan apresiasi kepada sekolah-sekolah, dan berbagai pihak yang turut menyukseskan penyelenggaraan UN tahun 2015. Penyelenggaraan UN tahun ini, kata Mendikbud, mengalami peningkatan nilai prestasi siswa. "Tahun ini nilai UN saya lihat lebih meningkat. Saya harap ini dapat ditingkatkan dan tetap utamakan integritas," pungkas Mendikbud. (Seno Hartono)

 

 


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 626 kali