Lomba Kompetensi Siswa SMK Dibuka Hari Ini  09 Juni 2015  ← Back

 

Tangerang, Kemendikbud --- Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat nasional dan Pameran Hasil Karya Siswa SMK 2015 hari ini, Selasa (9/6) secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Achmad Jazidie. Ajang kompetisi tahunan ini kembali digelar untuk ke-23 kalinya dengan total 52 bidang lomba dan melibatkan 1.048 siswa terpilih dari 34 provinsi di Indonesia.

Jazidie dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu ikhtiar pemerintah dalam meningkatkan layanan mutu pendidikan di SMK.  Dengan ikhtiar ini diharapkan Indonesia memiliki modal manusia (human capital) yang berkualitas dan berdaya saing, sehingga dapat berkontribusi bagi pembangunan dan berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional.

"Pendidikan adalah bagian dari proses pengembangan modal manusia ," tuturnya.

Jazidie menggarisbawahi harapan akan lulusan yang mampu berkiprah dalam peningkatan perekonomian bangsa dan mampu bersaing di dunia global dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN.  Pendidikan kejuruan, menurutnya,  membekali peserta didik untuk memiliki kemampuan akademik, sekaligus keterampilan teknis, serta sikap dan budi pekerti yang luhur. Pendidikan kejuruan juga dimaksudkan untuk mengembangkan bakat dan kreativitas untuk mendukung kebangkitan dan pertumbuhan ekonomi nasional bagi kesejahteraan bangsa Indonesia.

Di sisi lain, lanjut Jazidie, tantangan global membentang di hadapan para generasi bangsa. Tantangan tersebut mengharuskan untuk lebih meningkatkan kemampuan daya saing dan jati diri, identitas,  dan karakter bangsa Indonesia. "Melalui LKS ini diharapkan dapat memacu sekaligus meningkatkan daya saing generasi muda dalam karsa dan karya yang berkualitas. Semua itu kita harapkan dapat menjadi modal untuk membangun kreativas dan inovasi dalam menghadapi persaingan global," tambah Jazidie. 

Ia berharap, dengan segala ikhtiar, daya upaya, kerja sama dengan berbagai pihak, akan dapat meningkatkan rasa percaya diri bagi peserta lomba dan siswa SMK umumnya. Melalui LKS diharapkan tersaring calon wakil bangsa untuk mengikuti ajang kompetensi tingkat internasional. "Insya Allah pemenang LKS SMK kali ini akan mengikuti World Skill Competition di Abu Dhabi tahun 2017," katanya. 

Pembukaan LKS SMK tahun ini ditandai dengan pemukulan bedug. Selain Jazidie, tampak pula di antaranya Pelaksana Tugas Gubernur Banten, Rano Karno, memukul bedug yang langsung disambut oleh tepuk tangan meriah peserta lomba. LKS SMK dan Pameran Hasil Karya Siswa SMK 2015 akan berlangsung hingga Sabtu (13/6). Sebagian besar lomba akan digelar di Indonesia Convention Exibition (ICE) Tangerang mulai Rabu (10/6). (Ratih Anbarini)

 

 


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 393 kali